Loading

Rabu, 06 Februari 2013

Wisata di Lombok



Berkesempatan mengunjungi Lombok  beberapa waktu yang lalu terpesona  keindahan pulau Lombok  dengan pantai-pantainya yang masih perawan,  membawa aneka kerajinan Lombok yang sudah mendunia sebagai buah tangan , juga tidak lupa mencicipi kuliner khas Lombok yang memiliki cita rasa ekstra pedas. Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta mempergunakan penerbangan pagi,  1 jam 50 menit kemudian sudah tiba di Bandara Internasional Lombok.

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda kecil atau Nusa tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali disebelah barat dan Selat Alas disebelah Timur dari Sumbawa.  Luas Pulau ini mencapai  5.435 KM persegi, menempatkannya pada peringkat 108 daftar  pulau berdasarkan luasnya didunia, dengan ibu kota Mataram.  Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar penduduknya beragama Islam. Penduduk yang lainnya ada yang berasal dari Jawa, Tionghoa, Bali dan Arab.



Apa saja tempat wisata yang bisa dijumpai di Lombok


Pantai Senggigi, adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok, letaknya disebelah barat pesisir pulau Lombok. Memasuki area pantai Senggigi wisatawan serta merta akan disambut sejuknya semilir angin yang menyejukkan. Pesisir pantainya masih asri, wisatawan bisa melakukan Snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar.


Pantai Kuta Lombok, adalah tempat wisata dipulau Lombok Nusa tenggara Barat bisa ditempuh dari Mataram dengan menggunakan kendaraan selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Selama perjalanan menuju pantai ini  akan disuguhi pemandangan yang menyejukan mata. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan butiran sebesar biji merica Banyak anak-anak menjajakan pasir dalam kemasan botol minuman dijual pada para wisatawan sebagai oleh-oleh yang bisa dijadikan pajangan   dirumah. Pantai ini terletak disebuah desa yang bernama desa Kuta.


Gili Nanggu adalah sebuah pulau kecil di Lombok Barat, untuk menuju kepulau ini bisa dilakukan dengan menyewa sebuah perahu bermotor seharga Rp 300.000 pulang-pergi  Pantai disini memiliki pasir putih dengan keindahan bawah lautnya. Suasana dipulau ini masih sangat sunyi , panorama dan keindahanannya betul-betul masih perawan sehingga banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai Privat Island, cocok sekali dipakai sebagai tempat untuk berbulan madu.


Tidak lengkap rasanya jika berwisata dengan tanpa membawa oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerah yang dikunjungi.  Selain memiliki pantai-pantai yang sangat indah  Lombok juga memiliki aneka macam kerajinan yang sudah sangat dikenal dimancanegara salah satunya adalah Mutiara. Mutiara Lombok terkenal sebagai mutiara dengan kualitas terbaik didunia, Dengan bentuk yang beraneka ragam mulai dari cincin, kalung, anting-anting, gelang, bros dan juga hiasan-hiasan lainnya. Tapi wisatawan  harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan mutiara karena sekarang sudah mulai banyak mutiara yang berasal dari Cina dengan harga yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang tentu saja jauh dibawah kualitas mutiara Lombok. Disepanjang jalan daerah Sekarbela banyak dijumpai toko-toko yang menjual aneka kerajinan mutiara. 


Lombok juga terkenal dengan kerajinan Songketnya. Sukarara merupakan  sentra pembuatan kain tenun atau songket. Sukarara adalah nama sebuah desa bisa ditempuh sekitar 15 menit dari kota Mataram tepatnya berada di kecamatan Jonggot Kabupaten Lombok Tengah. Songket adalah kain tenun yang dibuat dengan tehnik menambah benang. Hiasan dibuat dengan menambah benang perak, emas atau benang warna diatas benang lungsi. Terkadang ada juga yang menambah manik-manik atau logam sebagai hiasan.  Proses pembuatan songket memerlukan waktu lama karena semua proses pembuatannya dilakukan secara manual. Tingkat kerumitan dari selembar songket  akan menentukan harga jual songket yang berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 5.000.000/lembar  dengan lebar 1,2 meter dan panjang 2 meter.


Kalau di Jogjakarta daerah Kasongan terkenal dengan kerajinan Gerabah maka di Lombok ada satu daerah yang terkenal dengan kerajinan gerabahnya yaitu di Banyumulek. Desa Banyumulek terletak di kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Saat ini gerabah Banyumulek telah menembus pasar dunia dengan 28 negara sebagai tujuan eksport. Kerajinan gerabah ini banyak ditekuni oleh penduduk asli Lombok yang diturunkan secara turun menurun dari jaman abad ke 16 sebagai warisan nenek moyang mereka. 



Mengunjungi pantai sudah, berbelanja sudah ayo kita coba kuliner khas Lombok, yang memiliki cita rasa ekstra pedas . Ada Ayam Bakar Taliwang makanan ini  berbeda dengan ayam bakar lainnya karena diproses dengan cara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri  biasanya disajikan dengan Pelecing Kangkung dan timun mentah sehingga menambah cita rasa kesegarannya dan biasanya disajikan dalam keadaan panas. 


Pelecing Kangkung yang disajikan sebagai pelengkap ayam bakar Taliwang sangat terkenal kehampir seluruh pelosok Nusantara. Pelecing Kangkung terbuat dari Kangkung, sambel tomat, dan toge  dicampur dengan parutan kelapa tua dan juga sangat pedas terasa dibibir. 


Bagi para penyuka daging sapi harus mencoba Bebalung. Makanan ini terbuat dari berbagai tulang bebalung  (kaki sapi) yang direbus dengan suhu yang sangat tinggi sehingga daging yang masih menempel menjadi lunak  kemudian diberi aneka macam bumbu khas Lombok. 


Sate Ikan Tanjung mengapa disebut demikian karena sate ini dibuat berbahan dasar ikan dan pertama kali dibuat didaerah Tanjung. 


Nasi Balap Puyung adalah sebuah nama yang diberikan  dengan mengacu pada salah seorang cucu pemilik warung yang pertama kali menyajikan menu ini   berupa nasi putih, ayam pelecing, ayam kering dan kacang kedele. Konon menurut cerita salah seorang cucu Inaq Esun ( yang pertama kali menyajikan menu makanan ini )  adalah seorang  pembalap lokal yang sering memenangkan perlombaan balap. Dan setiap kali dia memenangkan pertandingan selalu mentraktir teman-temannya di warung kecil milik neneknya ini, maka tercetuslah ide nama Nasi Balap Puyung


Disamping berbagai macam makanan berat, Lombok masih  mempunyai makanan khas yang lainya yaitu Dodol Rumput Laut. Makanan yang terbuat dari bahan dasar rumput laut dengan gula jagung sehingga cita rasa manisnya sangat pas dan tidak berlebihan., sangat cocok bagi anak-anak karena tidak akan merusak gigi. Dodol rumput laut ini selalu menjadi camilan favorit keluarga besar saya disetiap perayaan Idul Fitri dan selalu menjadi rebutan tamu yang berkunjung. Dodol Rumput Laut ini bisa diperoleh di sentra pertokoan daerah Cakranegara.


Selama 5 hari berada di Lombok masih belum cukup untuk menelusuri seluruh kota dan pantai yang berada di Lombok. Apalagi pantai di Lombok  Timur  menurut informasi jauh lebih indah dan lebih eksotik. Ternyata bukan Bali saja yang memiliki keindahan pantai, Lombok juga memiliki sejumlah pantai yang tidak kalah indahnya dengan beberapa pantai di Bali. Dan bagi saya sebagai seorang muslim tidak perlu khawatir dengan kuliner di Lombok karena sebagian besar penduduknya adalah muslim sehingga tidak diragukan lagi kehalalannya.



Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Lombok


4 komentar:

  1. jadi pengen ke Lombok... belum pernah saya mbak...

    BalasHapus
  2. Insyaallah mbak suatu saat dikasih kesempatan buat berkunjung kesana, terima kasih ya sudah mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... sama2 mbak... makasih juga dah mampir...aku jadi follower pertama blognya mba nih...:-)

      Hapus
    2. he...he......he......ya makasih mbak Nunung, tp aku kok gak bisa follow di blognya mbak Nunung ? gak keluar pengikutnya, btw aku kok gagal trs ya bkn read more pdhl dah kuikuti langkahnya mbak Lita Alifah jg mbak Atik eror trs , read more nya aja yg kebaca tp tulisan atasnya bkn potongan kalimat melainkan kode2 HTML

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...