Loading

Jumat, 15 Februari 2013

Strategi Agar Tidak Menua



Seiring bertambahnya usia penuaan terjadi pada seluruh badan, bukan hanya pada tampilan luar saja seperti kerut diwajah, rambut beruban dan lain-lain, tapi juga pada organ tubuh  seperti : jantung, paru, otak dan organ lainnya. Jika ingin tetap muda kita juga harus melindungi organ-organ penting. Berikut tip  dari para ahli :



Otak


Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mencatat sekitar usia 25 ukuran otak mulai turun secara perlahan. Bersamaan dengan itu kapasitas mental juga menciut. Ketika otak mulai menurun white matter dari otak jadi kurang effisien dalam pensinyalan saraf, Akibatnya memori, kemampuan menalar jangka pendek, memahami dan mempertahankan informasi mulai menurun kata Deborah Little, PhD, professor psikiatri di Texas A&M University.


Solusi


Main bola dapat membantu memulihkan otak. Dalam sebuah studi Inggris di tahun 2009, orang yang latihan menangkap beberapa bola selama 6 minggu menguatkan kondisi structural dari white matter mereka. Tidak penting bola jatuh atau tidak.


Paru


Kendati tidak pernah menghisap rokok, dan juga selalu menghindari perokok, fungsi paru menurun pada usia 40 tahun. Paru mencapai puncaknya pada usia sekitar 25. Pada umur pertengahan 30-an penuaan mencapai kecepatan puncak. Alveoli atau kantong udara kecil didalam paru yang membuat oksigen masuk kedalam aliran darah dan karbon dioksida dikeluarkan, mulai kehilangan area permukaannya,  hal ini membuat paru kurang efisien dalam transfortasi oksigen, demikian kata para ahli di Georgetown University


Solusi


Orang yang secara konsisten minum 2 cangkir produk susu rendah lemak, yoghurt dan cottage cheese menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda kerusakan paru karena penyakit. Khasiatnya berasal dari Vit D yang difortifikasi, Vit D dapat memperbaiki fungsi paru. Demikian dikatakan dalam sebuah bulletin yang diterbitkan tahun 2010 dalam Journal of the American College of Nutrition


Jantung


Mulai sekitar umur 40,  elastin, protein lentur didalam aorta jantung, secara perlahan diganti dengan kolagen, protein yang lebih fibrous dan lebih kaku. Akibatnya jantung tidak lagi memompa darah seefisien sebelumnya , Kata Joao Lima, MD direktur cardiovascular imaging di Johns Hopskin Hospital.


Solusi


Berjalan di treadmill membantu membalikkan waktu, membantu menjaga otot-otot jantung dan arteri lentur dengan memperlambat denyut jantung istirahat, olahraga memangkas proses penuaan kardiovaskular.


4 komentar:

  1. Bolehlah dicoba strateginya mbak....maksih ya...

    BalasHapus
  2. Silahkan dicoba mbak Erfi , terima kasih sudah mampir salam buat keluarga

    BalasHapus
  3. sama2 mbak aisah, terima ksh sudah mampir blh di share blognya mbak aisah dsn biar bs saya kunjungi ?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...