Loading

Selasa, 19 Februari 2013

Menghilangkan Stres dengan Meditasi

Hidup ibarat roda yang berputar adakalanya diatas, adakalanya juga dibawah. Ibarat air yang terlihat tenang diluar,  ternyata menyimpan riak-riak didalamnya, ibarat jalan yang lurus ternyata ditengah terdapat lubang yang menganga. Begitu juga kehidupan yang saya alami tidak selamanya mulus adakalanya mengalami satu peristiwa yang sulit untuk dihindari, penyebabnya bisa dari dalam diri sendiri atau juga dari  luar.

Satu ketika saya mengalami peristiwa yang sungguh membuat seluruh energi saya tersedot habis tanpa saya sadari hanya menyisakan sedikit tenaga yang tersimpan. Justru teman-teman yang melihat seluruh perubahan dalam diri saya , mulai dari sikap yang lebih pendiam dan pemurung, terkadang mereka juga melihat saya seperti tanpa ekspresi ditengah-tengah keramaian,  emosi yang tiba-tiba meledak , yang lebih mencolok lagi bobot tubuh  terus merosot tanpa saya sadari. 

Permasalahan yang timbul dari kecerobohan sendiri yang berakibat fatal dan dirasakan tidak hanya oleh saya tapi juga orang-orang terdekat dilingkungan saya sendiri. Menoleh pada kedua anak  yang membutuhkan perhatian dan juga kasih sayang, mulailah saya menata diri untuk bangkit dari keterpurukan mencari cara untuk bisa memulihkan semua stres dalam diri saya. 

Mulai mengingat kembali bagaimana dahulu saya membiasakan diri untuk melatih diri  dan konsentrasi dengan Meditasi .  Kegiatan Meditasi yang biasa dilakukan pada pagi dan malam hari sudah lama saya tinggalkan. Ditengah rasa stres yang menggelombang saya mulai mengingat-ingat kembali kebiasaan yang sedikit mulai terlupakan.


Apa itu Meditasi ?

Meditasi bukanlah sekadar aktivitas satu jam bersila yang diagendakan setiap hari di jam yang sama. Meditasi bisa disisipkan dalam segala aktivitas , asal dilakukan dengan fokus dan sadar. Jika  makan, lakukanlah dengan kesadaran bahwa  sedang makan, maka makanan akan terasa benar-benar enak. Jika berjalan, sadarlah bahwa sedang berjalan dan fokuslah pada tujuan jalan . Prinsipnya, ketika pikiran  tenang dan fokus, Anda akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.

Jon Kabat-Zinn, Profesor dari MIT (Massachussetts Institute of Technology) yang juga pakar meditasi, mengatakan, “Wherever You Go, There You Are“. Meditasi akan membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Tidak peduli bagaimana masa lalu Anda, seberapa terluka hati Anda, dan sekuat apa masalah dalam hidup Anda, meditasi membuat Anda begitu percaya bahwa masa depan Anda akan berkilau seperti sebuah berlian. Kehidupan yang terus berkembang, berbagai persoalan dan pencapaian, tidak akan memberikan pengaruh besar pada sikap kita. Meditasi membantu si sukses untuk tetap memandang ke bawah dan si gagal untuk tetap tegap melangkah.

Secara praktis, meditasi adalah proses untuk mengendalikan arus pikiran . Benak manusia yang selalu aktif memikirkan banyak hal, rencana, atau ambisi dalam hidup kerapkali membuat merasa selalu sibuk, terburu-buru, dan tertekan. Meditasi membantu  untuk berpikir dan bertindak lebih tenang.

Ketenangan itu dapat dicapai dengan melakukan teknik pernapasan. Ya, bernapas. Aktifitas yang kadang tak kita sadari, ternyata memberi pengaruh besar dalam kinerja otak. Saat kita berfokus dalam aktivitas bernapas, akan ada koneksi kuat antara tubuh dan pikiran . Dengan bernapas teratur, lembut, dan perlahan, maka  juga tengah menenangkan tubuh dan pikiran. Gelombang otak pada saat meditasi (kondisi Delta) akan terlihat jauh lebih tenang dibanding dengan kondisi ketika raga terbangun (kondisi Beta).

Meditasi sebagai gaya hidup itulah yang sudah dilakukan oleh seorang Adjie Silarus. Masa lalunya yang pernah membuat Adjie mengalami stres berat hingga kesehatan fisiknya melemah, ternyata tidak mampu membuat Adjie kalah. Adjie bangkit dan terus menguat. Dia mencapai titik puncak ketika menggunakan meditasi sebagai TERAPI  dan menjadikannya sebuah gaya hidup sehat. Kini, Adjie Silarus semakin prima sebagai meditator yang mencapai kondisi delta

Melakukan Meditasi seperti yang ajarkan oleh seorang Adjie Silarus  sebagai cara untuk menghilangkan stres. Diperkenalkan oleh Indscript Creative lewat Personal  Branding Agency Mari kita mulai mengikuti langkah Adjie Silarus, dengan menjadikan meditasi sebagai bagian dari gaya hidup. Katupkan mata, atur pernapasan, dan Anda akan mendapat kendali penuh atas diri dan hidup Anda. 
Kini setelah mulai melakukan Meditasi kembali secara rutin, saya mulai merasakan hasil positifnya , hidup menjadi jauh lebih tenang dan terarah tidak ada lagi stres berlebihan . Semua kembali normal tanpa beban yang berarti , jadi marilah kita membiasakan Meditasi seperti yang diajarkan oleh seorang Adjie Silarus untuk hidup lebih baik.

Tulisan untuk : Personal Branding Agency

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...