Loading

Kamis, 15 Januari 2015

Kursi Roda Impianku

Kursi Roda

Tahun ini aku ingin sekali punya kursi roda. Mengapa kursi roda yang kuinginkan ? padahal dulu memakai kursi roda adalah hal yang paling dilarang oleh para suster di Yayasan Pemelihara Anak Cacat (YPAC) tempat sekolahku dulu waktu kecil. Para perawat melarang anak-anak yang bisa berjalan dengan menggunakan kruk dan brace  untuk memakai kursi roda dengan tujuan kaki mereka terlatih dan terbiasa "dipakai" sehingga otot-otot kaki menjadi lebih kuat. Sedangkan bila memakai kursi roda otot kaki yang tidak terbiasa digerakkan akan semakin melemah. 

Brace
Dari kecil aku memang sudah menggunakan kruk dan brace sebagai alat bantu, karena kedua kakiku lumpuh akibat polio. Semula memang tidak nyaman memakai brace yang terpasang mulai dari pinggang kebawah, aku memerlukan penyesuaian cukup lama sampai akhirnya terbiasa dan merasa nyaman. Brace aku pakai untuk membantu fungsi otot kaki sebelah kiri, sementara kaki kanan yang masih memiliki kekuatan sekitar 60% tidak memakai brace. Sehingga meskipun sudah memakai brace aku masih tetap membutuhkan bantuan elbow  untuk membantu menyangga beban tubuhku agar lebih seimbang. Elbow dan brace ini hanya kupakai saat keluar rumah, sementara didalam rumah aku memakai dua buah kruk di ketiak. Kenapa elbow dan brace hanya kupakai saat keluar rumah ? karena dari kecil aku sudah terbiasa memakainya, sehingga memudahkanku jika harus pergi dengan menggunakan kendaraan umum. Sementara dua buah kruk itu kupakai setelah aku menginjak sekolah menengah atas. Itu atas saran dokter setelah aku sering jatuh jika hanya menggunakan elbow tanpa memakai brace lagi. Saat di rumah aku memang lebih sering tidak memakai brace selain karena panas, juga tidak nyaman dan seringkali membuat kakiku bengkak mungkin karena terikat-ikat dari atas kebawah.

Dengan dua alat bantu elbow dan brace, membuat posisi jalanku jadi miring ke kiri karena kaki kiri lebih pendek dari kaki kanan. Hampir seumur hidup aku jalan dengan posisi miring lama kelamaan aku sering mengalami sakit dibagian pinggang sebelah kiri. Setiap kali usai bepergian atau jalan-jalan bersama anak-anak, aku harus membaringkan tubuhku diatas tempat tidur perlahan-lahan agar rasa sakit itu berkurang. Ditambah lagi bentuk tulang punggungku juga jadi melengkung kekiri. Semua keadaan ini sebenarnya sudah diprediksi oleh dokter jauh-jauh hari bahwa dengan pertambahan usia, aku akan mengalami hal seperti tulang punggung bengkok , mengalami sakit pinggang dan penurunan fungsi-fungsi otot. 

Elbow

Keadaan seperti ini sebenarnya bisa dihindari seandainya aku mau sedikit "  melepaskan rasa malu dan gengsi " memakai kursi roda pada saat pergi jalan-jalan atau bepergian jauh yang mengharuskan aku lebih banyak berjalan. Sudah lama anak-anak dan suami menyarankan untuk memakai kursi roda, namun terkadang aku masih merasa malu. " Toh aku masih bisa berjalan dengan alat bantu yang lain " pikirku. Namun kini kebutuhan akan kursi roda sudah tidak bisa ditunda lagi sebelum aku mengalami rasa sakit yang semakin parah. 

Aku sudah melihat-lihat harga kursi roda di beberapa toko. Namun harga kursi roda di kotaku masih lebih mahal bila dibandingkan dengan harga kursi roda yang dijual di toko sepanjang jalan pramuka , Jakarta. Tidak masalah membeli di Jakarta, aku masih bisa meminta bantuan saudara yang tinggal disana untuk membelikannya. Kemudian mengirimkannya ke alamat rumahku memakai jasa pengiriman . Yang penting aku bisa memiliki kursi roda impianku, dan aku tidak perlu malu lagi menggunakannya karena semua itu demi kebaikan dan kesehatanku. 


  

5 komentar:

  1. Mak, semoga impiannya bisa terwujud ya. Aamiin :)

    Oya template blognya cantik. Buat sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.......Dulu dibantu sama mak Susan, terus aku otak atik sendiri ganti2 background sama tambah2 widget, he....... makasih mak sudah mampir

      Hapus
  2. Terima kasih atas partisipasinya ya, Mak. Salam kenal dan peluuukkk. Semangatnya luar biasa. Semoga segera terkabul harapannya ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, salam kenal dan pelukkkk kembali

      Hapus
  3. Semangat mbaa,,, in sha Allah terbeli,,, aamiin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...