Loading

Rabu, 31 Desember 2014

Undian Yang Menjebak

Hadiah undian selalu menarik siapa saja. Apalagi jika hadiah yang ditawarkan jumlahnya sangat besar bisa menggoda siapa saja. Trik-trik semacam ini banyak dipakai oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jangan mudah percaya dan tertarik dengan undian yang menawarkan hadiah menggoda dengan penyelenggara tidak jelas. Walaupun iklan  undian tersebut memakai  media-media besar yang cukup dikenal seantero negeri.

Suatu sore pulang kerja suami membawa tabloid NOVA. Siapa yang tidak kenal dengan tabloid yang satu ini terutama untuk kalangan wanita. Karena tabloid NOVA dikhususkan untuk para pembaca wanita. Reputasi dari NOVA juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Inilah yang membuat saya dan suami yakin  dengan iklan undian berhadiah yang terpampang disana. Dalam salah satu halaman di tabloid tersebut terpampang iklan undian dengan hadiah sebuah mobil Honda CRV terbaru seharga  Rp 399.000.000.

Sumber caption : Tabloid Nova


Untuk bisa mengikuti undian tersebut caranya begini : " Ambil dua angka terakhir pada tahun kelahiran anda, lalu tambahkan dengan umur anda pada tahun 2014 ini, jika anda mendapatkan angka 114 "SELAMAT" !, kirimkan jawaban anda. Perhatian ! Jika anda ingin mendapatkan kesempatan untuk meraih hadiah utama dalam 10 hari. Segera isi dan kirimkan kupon kembali kepada kami sekarang juga !


Contohnya begini : Usia suami 52 tahun kelahirannya 1962, jika dua angka terakhir yaitu 52 + 62 = 114. Hasil 114 menunjukkan bahwa peluangnya untuk mendapatkan hadiah tersebut cukup besar. Kami tidak berpikir bahwa secara universal semua orang ketika menjumlahkan umur dan tahun kelahirannya akan mendapatkan hasil 114. Perhitungan seperti ini kami coba pada tahun kelahiran putra sulung yang berusia 18 tahun dengan kelahiran 1996 jika dua angka terakhirnya dijumlahkan maka akan menghasilkan 114 pula. ( hitungan untuk usia si sulung kami coba hitung setelah mengirimkan kupon ).
Berbekal keyakinan bahwa hanya sedikit dari masyarakat yang memiliki jumlah kelahiran 114 sesuai dengan plat nomor 114 yang ada di mobil CRV tersebut maka melayanglah kupon tersebut ke PO. BOX 6600. 

Kurang lebih tiga minggu kemudian datanglah pak pos dengan mengantarkan ini : 

Dok. pribadi
Saat membuka isi amplop tersebut entah mengapa saya masih diliputi keraguan, apakah benar dengan isi pemberitahuan tersebut. Yang membuat keraguan bertambah ada kewajiban dari peserta untuk membeli sejumlah produk dengan nilai total pembelian  Rp 700.000. Produk-produk bisa dipilih melalui katalog yang tersedia, begini cara pembayarannya :



Disamping hadiah utama,  juga masih bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh bonus cek  sebesar Rp 100.000.000


Masih juga ada tambahan  hadiah istimewa berupa lemari es mewah secara gratis senilai Rp 30.000.000


Dengan sederet hadiah istimewa seperti itu siapa yang tidak tergoda apalagi media partner yang dipakainya adalah sejumlah media nasional yang cukup terkemuka.


Tidak ingin terjebak dengan berbagai modus penipuan yang marak terjadi dan  dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Saya mencoba browsing untuk mendapatkan berbagai informasi terutama pihak penyelenggara dalam hal ini PT. Gema Loka Optima. Saya meragukan pihak penyelenggara karena PT. Gema Loka Optima tidak mencantumkan alamat hanya memberikan alamat PO. Box dan nomor telpon yang bisa jadi nomor telpon siapa saja. 

Hasil penelusuran internet banyak pihak yang sudah merasa terjebak/tertipu oleh undian ini. Ada yang sudah menstransfer sejumlah uang untuk membeli produk tetapi barang yang dipesan tidak pernah sampai pada pemesan. Dari sinilah kami memutuskan untuk tidak meneruskan mengirim kupon tersebut dan memilih membiarkan  Honda CRV terbaru melayang

Ini salah satu alamat yang saya temukan : http://ptgemalokaoptimapenipu.blogspot.com/2014/10/pemenang-undian-pt-gema-loka-optima.html#comment-form

Sedikit himbauan sebaiknya tetap berhati-hati dan waspada menghadapi berbagai undian.  Ada baiknya untuk melakukan cek dan ricek apakah ada izin resmi dari pemerintah. Karena menurut informasi yang saya peroleh setiap kegiatan yang berupa undian berhadiah,  dilakukan oleh siapapun juga wajib hukumnya untuk mencantumkan nomor izin tersebut dan diumumkan pada khalayak.

Postingan awal tahun 2015 semoga bermanfaat untuk para pembaca. Meninggalkan tahun 2014 untuk menyongsong tahun baru dengan lebih baik dan tetap waspada. 

" HAPPY NEW YEAR 2015 "

13 komentar:

  1. modus operasi penipuan semakin aneh-aneh dan ghalus ya Mbak. Intinya agar tidak terjebak, kalau saya berprinsip, tidak ada hal yang selalu atau terlalu mudah utnuk didapatkan. dan kalau lomba/undian, enggak akan mungkin minta dana lagi. Nice post. TFS

    BalasHapus
  2. waah modus penipuan nya meyakinkan yaa lumayan bisa terjebak apalagi banyak hadiahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. media partnernya jg meyakinkan ini yg membuat tambah meyakinkan

      Hapus
  3. Ohh aku inget ibu mertuaku juga pernah cerita ky gini, aku ya ragu aja, mosok dengan begitu mudahnya bisa dapet hadiah mobil, ternyata emang penipuan yaa

    BalasHapus
  4. Saya dan isteri juga sering mendapat hadiah uang puluhan juta dan mobil. Tapi ketika saya menuju link yag ditentukan dan mencoba menghubungi CEO ternyata tak ada sambutan. Penipuan seperti itu sudah merajalela, jadi nggak perlu dilayani.
    Tapi untuk bahan postingan memang asyoi.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pakde kunjungannya, salam hangat kembali dari Bandung

      Hapus
  5. semakin macem-macem aja penipuan jaman sekarang. Menuntut kita semakin waspada. Thx, buat infonya :)

    BalasHapus
  6. Oh ini seperti penjual alat elektronik yang bawa brosur dan mangkal di mall mbak, bedanya yang ini berupa iklan di tabloid. Pinter juga cara dia menjaring masa. Saya paling males klo dikejar salesnya disuruh ambil lotre gratis, lotre disuruh buka, bila tertera nomor lalu saya disuruh ambil lg bla bla bla panjang bgt ceritanya...ati2 mbak...bnyak penipu berkeliaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba Yuni sekarang orang tambah pinter dan halus cara yg dipakainya, kalau tidak hati2 bisa terjebak.

      Hapus
  7. Wah kudu hati-hati dengan hal semacam ini ya kak.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...