Loading

Senin, 02 Mei 2016

Para Wanita Yang Membuat Perubahan

Para Wanita Yang Membuat Perubahan

23 April 2016 saya mengikuti acara  startup talk #9, acara rutin tiap bulan yang diselenggarakan oleh Startup Community Bandung. Karena bulan April identik dengan peringatan hari Kartini maka temanya disesuaikan dengan peringatan Kartini yaitu  “ Woman On Top, Be A Female Changemaker “ . 4 ( empat ) orang wanita hebat tampil sebagai nara sumber yaitu  Atalia Praratya (istri walikota Bandung) Ketua Dekranasda Kota Bandung,  Diajeng Lestari Founder and CEO HIJUP,  Ken Ratri Iswari Founder and CEO GeekHunter, Sissy Cofounder and CEO Petshopbox Studio.

Acara yang dijadwalkan dimulai  jam 08.00 WIB mundur lebih dari satu setengah jam karena keterlambatan para pembicara. Seharusnya yang menjadi pembicara pertama ibu Atalia tapi karena kesibukan beliau tidak bisa hadir lebih awal, akhirnya Ken Ratri menjadi pembicara pertama.  


Para Wanita Yang Membuat Perubahan

KEN RATRI ISWARI

Ken wanita kelahiran 18 Juli 1986 lulusan pertama SBM Institut Teknologi Bandung (ITB)  dengan  predikat cum laude karir  pertamanya diawali sebagai Account Manager disebuah perusahaan consumer goods.  Sambil mengambil S2 nya Ken menjadi recruiter untuk sebuah perusahaan minyak asal Belanda. Meskipun saat itu Ken berada diposisi empuk tapi itu tidak membuatnya berpuas diri karena keinginannya untuk menjadi entrepreneur tidak bisa hilang.

Tahun 2005 Ken pertama kali membuat startup bersama dengan teman kuliahnya, produknya sebuah  startup foto studio. Setelah itu Ken mencoba  meraih peruntungan didunia fashion hingga akhirnya Ken bersama dengan temannya  mendirikan  GeekHunter. Proyek pertamanya di GeekHunter mencari programmer untuk perusahaan pengembang  game asal Korea Selatan yang baru berkembang di Bandung. Sejak mereka berdua sukses menggarap proyek pertama mereka berdua fokus di bisnis ini.

Bisnis utama yang dijalankan GeekHunter fokus pada perusahaan sehingga mereka mendapatkan keuntungan dari layanan yang ditawarkan pada perusahaan. Sejauh ini  ada sekitar 50 perusahaan yang menjadi kliennya. Baik perusahaan lokal maupun internasional. Kunci kesuksesan GeekHunter adalah tetap menjaga network yang baik dengan beberapa perusahaan  dan para pencari kerja.


Keinginan lain Ken yaitu membantu mengembangkan  ekosistem IT di Indonesia dengan cara :
  • Meminimalisir gap antara system pendidikan IT dengan kebutuhan pasar melalui kerjasama dengan beberapa universitas dalam menerapkan kurikulum yang dibutuhkan.
  • Geek Hunter akan berkomunikasi aktif dengan komunitas Geek atau ekosistem  IT yang ada di Indonesia.
  • Memperluas pasar bukan hanya programmer tapi juga pekerja dibidang cloud computing, , network engineer, data scientist.

      "Perempuan dimanapun dapat melakukan apa saja yang dibutuhkan dunia, termasuk pekerjaan lainnya yang mampu dilakukan pria seperti bidang IT dan teknologi lainya. Tidak hanya itu saja perempuan juga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan sepatu hak tinggi “. Ujarnya mengakhiri pembicaraannya.

Para Wanita Yang Membuat Perubahan


Sissy

Pembicara selanjutnya Sissy cofounder Petshopbox studio. Sissy alumni  desain grafis ITB tahun 2005 memulai startup bersama Kuswanto mantan teman kuliah yang akhirnya menjadi suaminya. Mereka berdua memulainya diindustri desain kreatif. Petshopbox studio merupakan agensi pertama di Asia yang ikut merancang stiker untuk Path mereka juga menjadi pemenang  untuk pembuatan maskot Mozilla berdasarkan hasil polling.

Sebelum terjun ke industri kreatif digital Sissy banyak bergerak dibidang desain grafis tapi ketika industri percetakan mulai lesu maka Sissy beralih ke industri digital. Menurut Sissy bekerja di Indonesia itu enak karena tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan . Tetapi jika sudah berkeluarga kondisi ini harus bisa dikomunikasikan dengan pasangan sehingga masing-masing pihak tahu apa yang menjadi tugas hak dan kewajibannya. 

Seperti antara Sissy dan Kuswanto yang nota bene adalah suaminya mereka tetap professional jika sudah menyangkut pekerjaan. Bahkan lebih ekstrem lagi di tempat kerja tidak banyak yang tahu jika mereka berdua adalah pasangan suami istri. Pesan penting Sissy untuk pasangan yang bekerja ditempat yang sama sebaiknya jangan membawa urusan rumah tangga ke tempat pekerjaan demikian juga sebaliknya. 

Penting untuk saling berkomunikasi antara pasangan yang sama2 bekerja. Karena support terbesar dari pasangan suami istri adalah pasangannya sendiri. Tapi tidak mudah untuk perempuan yang sudah berkeluarga apalagi memiliki posisi lebih tinggi dari pasangannya. Istri tidak mungkin  bisa sukses jika tidak ada support dari suami.  

Tidak berbeda dengan Ken, Sissy juga mengakui dunia IT dan desain adalah dunia laki-laki namun hal tersebut bukan halangan seorang perempuan juga bisa sukses didunia IT.

Para Wanita Yang Membuat Perubahan


DIAJENG LESTARI

Tahun 2011 Ajeng panggilan akrab Diajeng mulai mewujudkan mimpinya menjadi enterpreneur dengan mendirikan HijUp. Sebuah e-commerce dengan konsep fashion mall yang khusus menjual  barang2 fashion wanita muslim. Setelah memutuskan berhenti bekerja sebagai marketing researcher.

Konsep bisnis yang dibangunya terinspirasi dari sang suami Achmad Zaky yang telah lebih dulu sukses dengan bukalapak nya. Kini lebih dari 120 brand dari para desaner lokal yang tergabung di websitenya. Tahun 2014 HijUp tidak hanya berkutat diseputar fashion muslim tapi mulai merambah pada kebutuhan  pakaian anak-anak dan kebutuhan home and living. 

Yang melatar belakangi Ajeng dengan HijUp nya adalah keinginannya untuk membat muslimah yang mengenakan hijab selalu percaya diri dan merasa  "Up" bahagia dengan penampilannya.
Meskipun HijUp kini telah meraup sukses tapi bukan berarti Ajeng tidak pernah mengalami kegagalan. Ajeng pernah mengalami kegagalan saat membuat majalah fashion ditengah industri percetakan yang mulai lesu. Kegagalannya didasari oleh ketidak konsekuennya para pemasang iklan yang beriklan di majalahnya hal ini mengganggu  cash flow. Dari era cetak akhirnya Ajeng beralih ke era digital yang membawa kesuksesan.

Pada mereka yang hendak mulai startup Ajeng memberi pesan agar percaya diri, percaya mimpi dan percaya keajaiban Tuhan. Kemudian koordinasi dan komunikasikan untuk membangun tim yang hebat selain itu startup juga harus memiliki hubungan yang baik dengan para stakeholder. Sedangkan nasehat penting untuk entrepreneur wanita adalah follow your heart and follow your dream.

Para Wanita Yang Membuat Perubahan

ATALIA PRARATYA

Pembicara terakhir ibu Atalia (istri Walikota Bandung) sebagai ketua Dekranasda ( Dewan Kerajinan Nasional Daerah ) menyampaikan bahwa untuk industri2 kecil yang berada di kota Bandung khususnya , bisa  memperoleh bantuan kredit usaha melalui kredit melati. Kredit ini ditujukan untuk melawan para rentenir dengan besaran kredit antara Rp 500.000 – Rp 30.000.000. Kredit tanpa jaminan dan tanggung renteng dengan kelompok 5 orang.

Selain bantuan modal usaha produk UMKM pemerintah kota Bandung juga membantu mempromosikan UMKM melalui Little Bandung Wall dan Little Bandung Store bekerja sama dengan beberapa toko dan restoran untuk memajang hasil karya UMKM  selain itu ada juga  little Bandung mobile. Promosi yang dilakukan pemkot Bandung tidak terbatas diwilayah lokal tapi juga merambah pasar internasional.

Bagaimana  cara ibu Atalia membagi waktu antara tugas sebagai ibu, istri dan mendampingi suami sebagai walikota ? Ibu Atalia mengatakan saling pengertian dan cooling down jika salah satu pihak mulai dihinggapi rasa tidak nyaman dengan segala aktifitasnya diluar rumah. Yang paling penting lagi ibu Atalia berpesan agar berani untuk memulai :”kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk bisa sukses jangan takut pada satu kegagalan “.

Sebagai penutup   dari masing2 pembicara, siapa yang menjadi role model mereka :
Role model Diajeng Lestari adalah Siti Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW, karena menurutnya jauh sebelum wanita  sukses sebagai pebisnis seperti sekarang. Siti Khadijah sudah lebih dulu sukses sebagai pengusaha yang membantu perjuangan suami.

Role model Ken Ratri, ibu Susi Pujiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan). Menurut Ken ibu Susi hanya berpendidikan SMP tapi keahlian dan kepandaiannya tidak perlu diragukan lagi. Kesuksesannya dibisnis yang banyak digeluti laki-laki menunjukkan jika ibu Susi bukan  wanita biasa2 saja.

Role model Sissy ,  Paris Hilton menurutnya dengan segala kontroversinya Paris tetap berdiri tegak dan sukses dengan bisnisnya.

Wanita sekarang sudah bukan lagi masanya hanya berkisar pada masalah kasur, sumur dan dapur karena wanita juga bisa membuat beberapa perubahan yang selama ini dianggap tidak mungkin. Kembali mengutip kalimat yang pernah diucapkan R.A. Kartini : “ Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup didalam dunia nenek moyangnya “.

Dunia IT sekarang bukan lagi hanya menjadi milik laki-laki karena sekarang sudah banyak wanita-wanita sukses  dibisnisnya  dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Keempat wanita diatas sudah membuktikan kecerdasan dan pemandangan yang luas bisa membuat mereka sejajar dengan laki-laki didunia bisnis . Kartini modern, para wanita yang mampu membuat perubahan sesuai dengan passionnya.

Sebagian peserta dan pembicara








14 komentar:

  1. inspiratif..keren2 ya mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup......mereka keren semua

      Hapus
  2. Acaranya menarik banget mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya menarik sayang terlalu singkat acaranya

      Hapus
  3. inspiratif dan keren, benar benar wanita yang luar biasa..

    Tentang Satu Pertanyaan http://sastraananta.blogspot.com/2016/04/tentang-satu-pertanyaan.html?spref=tw

    BalasHapus
  4. kartini era modern menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartini era modern era digital

      Hapus
  5. kartini digital, pembicaranya keren-keren. Aku selalu suka mengikuti talkshow begini Mbak, karena membrikan motivasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh mak Astin waktu rasanya cepat banget habisnya saking asyiknya

      Hapus
  6. Wow, acaranya keren, Mbak.
    Tapi saya bingung dengan istilah Geek ... apa itu, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lupa nanya ttg Geek sama Ajeng

      Hapus
  7. Sungguh inspiratif wanita2 ini. Aku baru tau loh sepak terjangnya diajeng sebelum membangun hijup. Ternyata semuanyaaaa punya pengalaman jatuh dulu sebelum sukses. Reportase yang detail mbak.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...