Loading

Jumat, 26 Februari 2016

Manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan
Tanggal 21 Ianuari 2016 bertempat di Kantor Disnaker Provinsi Jabar, telah dilakukan launching Kartu BPJS Ketenagakerjaan kerjasama antara HWDI ( Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia ) Provinsi Jabar dengan BPJS kantor cabang Suci, kota Bandung. Tujuan dari launching ini selain memberikan kartu sebagai  peserta BPJS Ketenagakerjaan juga sebagai ajang tanya jawab dari peserta kepada pihak BPJS mengenai hal-hal teknis yang mungkin masih belum dipahami oleh peserta tentang manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan latar belakang pendidikan bukan perkara mudah untuk penyandang disabilitas. Kesempatan yang diberikan untuk mereka baik swasta maupun pemerintah masih sangat sedikit, sehingga banyak diantara mereka akhirnya menjadi wirausahawan/wati dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri. Membuka usaha sendiri juga memiliki resiko tidak sedikit salah satunya bila terjadi kecelakaan kerja.Tidak sedikit pula diantara mereka mendapatkan upah berbeda dengan non disabilitas.


Perilaku diskriminatif yang dialami oleh sebagian penyandang disabilitas membuat mereka berpikir keras bagaimana caranya untuk tetap bisa mandiri tanpa tergantung pada orang lain , dan yang paling penting adalah “tidak menengadahkan tangan keatas “. Bekerja dengan usaha sendiri akhirnya menjadi pilihan yang banyak diambil oleh penyandang disabilitas. Usaha sendiri tentu saja disertai dengan resiko yang juga harus ditanggung sendiri, misalnya bila terjadi kecelakan kerja. 

Tapi sekarang situasi ini bisa ditanggulangi jika yang bersangkutan ikut sebagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebagai contoh : Beberapa hari sebelum launching terjadi kecelakaan lalulintas yang menimpa penyandang tuna netra pada saat  hendak memenuhi panggilan konsumen yang memerlukan jasanya sebagai pemijat. Karena kecelakaan itu terjadi disaat yang bersangkutan hendak berangkat kerja maka seluruh biaya rumah sakit ditanggung oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak ada seorangpun yang menghendaki terjadinya suatu musibah, namun hal itu tidak bisa terhindarkan bisa menimpa siapa saja. Disaat pekerja non penerima upah tetap mengalami musibah BPJS Ketenagakerjaan siap memberikan bantuan selama yang bersangkutan tidak mampu bekerja. Bantuan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya terbatas pada biaya rumah sakit tapi meliputi transportasi, santunan cacat, biaya rehabilitasi , penyakit yang diakibatkan hubungan kerja, ada juga Jaminan Hari Tua ( JHT ).  Ini sebagian manfaat menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Memiliki pekerjaan sendiri atau dalam istilah kerennya wirausaha, haruslah pandai-pandai mengatur keuangan. Penghasilan yang tidak menentu tiap bulan, menjadikan para wirausahawan difabel kesulitan untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari pihak perbankan. Sehingga para usahawan difabel ini rentan gulung tikar. Namun kini  para usahawan bisa sedikit bernafas lega karena dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah bagi mereka mendapatkan modal usaha perbankan. Ini salah satu manfaat lainnya menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Tujuan BPJS Ketenagakerjaan membuka pintu lebar-lebar kepada para pekerja non penerima upah adalah agar mereka bisa lebih mandiri.

Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja bukan penerima upah tetap : yaitu tenaga kerja yang melakukan kegiatan usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut ( pada umumnya mereka yang bekerja yang bekerja disektor informal )

Siapa yang bisa menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan dan bagaimana caranya :

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bukan penerima upah  :
  • Usia tenaga kerja dan keluarga untuk menjadi peserta maksimal 55 tahun
  • Dapat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan secara bertahap dengan memilih program sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta.
  • Dapat langsung mendaftar sendiri ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan atau mendaftar melalui wadah/kelompok/mitra yang telah melakukan Ikatan Kerja Sama (IKS) dengan BPJS ketenagakerjaan.


Cara Menjadi Peserta
  • Mempunyai NIK ( Nomor Induk Kependudukan)
  • Membayar iuran sesuai dengan program yang diikuti secara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun sekaligus
  • Mengisi formulir F1 untuk pendaftaran wadah/kelompok/mitra baru
  • Menghubungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau melalui wadah/mitra/payment point (aggregator perbankan) yang telah kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan


Program dan Manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
JKK merupakan jaminan yang memberikan kompensasi dan rehabilitasibagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan pada saat mulai berangkat kerja sampai tiba kembali dirumah atau menderita penyakit yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan.

Apa saja keuntungan peserta BPJS Ketenagakerjaan jika terjadi sesuatu pada dirinya yang berkaitan dengan kegiatan pekerjaannya. Jika peserta mengalami kecelakaan baik ditempat kerja maupun hendak menuju tempat kerja maka maka yang bersangkutan akan memperoleh :

Biaya Transport Maksimum
  • Darat/sungai/danau  biaya yang akan diperoleh Rp  750.000
  • Laut biaya yang diperoleh        Rp 1.000.000
  • Udara  Rp 2.000.000
  • Jika menggunakan lebih dari satu jasa angkutan maka berhak atas biaya maksimal dari masing-masing angkutan.


SEMENTARA TIDAK MAMPU BEKERJA
  • 4 (empat) bulan pertama  100% x rata-rata penghasilan sebulan
  • 4 (empat) bulan kedua 75% x rata-rata penghasilan sebulan
  • Selanjutnya 50% x rata-rata penghasilan sebulan


BIAYA PENGOBATAN DAN PERAWATAN
Rp 20.000.000 (maksimum)

PERGANTIAN GIGI TIRUAN
Rp 2.000.000 ( maksimum )

SANTUNAN CACAT
  • Total – tetap sekaligus : 70% x 80 bulan penghasilan rata2
  • Berkala (24 bulan) Rp 200.000/bulan
  • Kurang fungsi : %Kurang fungsi x % table x 80 bulan upah 


SANTUNAN KEMATIAN :
  • Sekaligus  : 60% x 80 bulan upah
  • Berkala ( 24 bulan )  : Rp 200.000/bulan
  • Biaya pemakaman : Rp 2.000.000


BIAYA REHABILITASI :
Rehabilitasi medis : Rp 2.000.000 (maksimum)
Penggantian pembelian alat bantu (orthese) dan/atau alat pengganti (prothese) maksimal 140% dari patokan harga yang ditetapkan oleh Pusat Rehabiitasi Rumah Sakit Umum Pemerintah.

PENYAKIT AKIBAT KERJA :
Ada 31 (tiga puluh satu) jenis penyakit akibat hubungan kerja sampai dengan 3 tahun setelah berhenti bekerja.

Berapa sih Iuran untuk menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan  ?
  • Iuran BPU ditetapkan berdasarkan nilai persentase dikalikan dengan upah, sekurang-kurangnya setara dengan upah minimum provinsi/kota/kabupaten.
  • Seluruh iuran ditanggung sepenuhnya oleh peserta
  • Khusus iuran JHT peserta dapat memilih sesuai kemampuan.


PROGRAM DAN MANFAAT JAMINAN KEMATIAN , diperuntukkan bagi ahli waris tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja. Ini diperlukan untuk membantu meringankan beban keluarga dalam bentuk biaya pemakaman dan uang santunan.

BAGAIMANA CARA MEMBAYAR IURAN BPJS KETENAGAKERJAAN.
Membayar iuran selain bisa dilakukan di kantor BPJS tempat peserta mendaftarkan diri, juga bisa dilakukan melalui BCA. Karena BCA telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk menerima pembayaran iuran. Pembayaran ini dapat dilakukan oleh nasabah melalui KlikBCA Bisnis pada menu pembayaran tagihan. Kerjasama ini semakin mempermudah peserta dalam melakukan pembayaran iuran.

LANGKAH-LANGKAH PEMBAYARAN BPJS KETENAGAKERJAAN DI KlikBCA
  • Registrasi, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki NPP (Nomor Pendaftaran Peserta) yang teah diregistrasi.
  • Kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan dan buat rincian iuran untuk mendapatkan kode iuran.
  • Bayar kode iuran melalui KlikBCA Bisnis
  • Transaksi selesai. Simpan/cetak bukti transaksi anda.


Sekarang tidak perlu khawatir lagi menjadi pekerja non penerima upah tetap karena ada BPJS Ketegakerjaan yang menjamin peserta bila terjadi kecelakaan kerja.  Banyak manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan seperti yang disebutkan diatas, ayo tunggu apa lagi  segera kunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk merasakan manfaatnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...