Loading

Sabtu, 18 Mei 2013

Peran Konsultan Marketing bagi Kesuksesan sebuah Bisnis

Jika anda berniat menjadi seorang pebisnis, jadilah seorang pebisnis yang sejati. Itulah yang disarankan oleh seorang konsultan marketing yang namanya mulai dikenal oleh para pebisnis. Dialah Veronica Ratna Ningrum. Menurutnya menjalankan sebuah bisnis, tentunya harus disertai banyak pertimbangan dan perencanaan langkah yang pasti dan tepat. Karena hal ini akan menentukan keberhasilan dari bisnis yang sedang dijalankan.

" Menjalankan bisnis tidak semata-mata sebagai pedagang, yang memproduksi produk kemudian menjualnya kepada konsumen. Dalam banyak hal produsen atau pebisnis membutuhkan campur tangan seorang konsultan untuk membuat produknya disukai oleh konsumen dan laku dipasaran " Demikian urai Veronica Ratna Ningrum sang konsultan.

Sosok seorang konsultan marketing memang lebih banyak dibelakang layar, namun perannya sangat penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Konsultanlah yang mengarahkan pihak produsen untuk melakukan sejumlah langkah yang berkaitan dengan proses produksi barang hingga pada tahap penjualannya. Pada tahap awal produksi barang, konsultan bertindak sebagai pengarah saat menentukan bentuk dan kemasan barang yang diproduksi. Ia akan memberikan masukan tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, tipe konsumen, dan segmen pasar beserta  berdasarkan hasil riset dan  observasi pasar yang telah dilakukannya.

Selanjutnya pada tahap pemasaran, sang konsultan akan mendampingi sang produsen dan pemilik bisnis untuk menentukan strategi pemasaran barang. Menentukan strategi pemasaran barang sangat diperlukan, sebab tanpa itu produsen akan mengalami hambatan dalam menjual barangnya sekalipun kualitas produk yang dihasilkan cukup baik. Konsultan akan mempelajari  celah dan ide apa saja yang bisa dimanfaatkan, agar produk tersebut laku di pasaran dan menjadi trend dikalangan masyarakat. Dan selanjutnya sang Konsultan akan menentukan strategi pemasaran yang paling tepat.

Seorang konsultan marketing tidak hanya bertindak sebagai pendamping bagi kliennya. Ia juga menjadi sebuah sumber ide bagaimana sebuah bisnis harus dijalankan, produk apa yang bisa dikerjakan lebih lanjut, dan bagaimana memangkas biaya yang tidak diperlukan, serta bagaimana membuat konsumen loyal dan lekat pada produk tersebut. " Banyak keuntungan yang bisa diperoleh seorang pebisnis bila memakai jasa seorang konsultan marketing. Mereka tidak harus memikirkan segala sesuatunya seorang diri, karena ada konsultan yang dapat berperan sebagai rekan dalam mengembangkan bisnisnya ", ujar Veronica.

Sebagai seorang konsultan marketing, Veronica Ratna Ningrum menyadari bahwa perannya sangat penting bagi kesuksesan bisnis kliennya. Untuk itu dia selalu menyempatkan dirinya memperdalam ilmu Marketing dan Bisnis yang bisa memperluas wawasannya. Menurutnya menambah ilmu Marketing sangatlah penting bagi seorang konsultan Marketing, karena dunia marketing sangatlah dinamis dan sarat dengan  berbagai perubahan. " Tanpa mengasah ilmu, seorang konsultan marketing akan tertinggal jauh. Lagipula dengan mengasah ilmu seorang konsultan akan memberikan yang terbaik bagi kliennya. Seorang konsultan yang haus ilmu dan penuh inovasi, adalah asset besar bagi kesuksesan sebuah bisnis " Ujar Veronica Ratna Ningrum lebih lanjut, yang sudah menangani beberapa lembaga perbankan ternama di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...