Loading

Jumat, 17 Mei 2013

Mengapa Indonesia harus Peduli Media Digital

Indonesia termasuk negara dengan pengguna media digital yang cukup signifikan. Sebut saja dari segi jumlah pengguna media sosial seperti facebook dan  twitter. Menurut Social Bakers, situs yang mengkhususkan diri pada soal statistik media sosial, Indonesia menduduki peringkat keempat didunia, dengan prosentase pengguna aktif mencapai hampir 20% dari total populasi. Sedangkan untuk jumlah pengguna Twitter, Forbes ( The World's Most Active Twitter City ? You Won't Guess it, 30 Des 2012 ) sudah menobatkan Jakarta dan Bandung sebagai kota dengan pengguna nomor satu dan enam di dunia.

Semua itu dimungkinkan berkat kemudahan akses internet dan teknologi digital lainnya, serta karakter masyarakat Indonesia yang cenderung sosial dan komunal. Dan dengan angka pengguna digital sebesar itu, seharusnya perkembangan media digital di Indonesia berkembang pesat. Namun kenyataannya media digital belum banyak digunakan keperluannya  diluar media sosialisasi. Lembaga-lembaga penyedia layanan masyarakat, pendidikan, industri dan bisnis, hampir bisa dibilang semuanya belum melek media digital.

" Salah satu penyebab utamanya adalah cara berpikir masyarakat yang belum beranjak dari segi fungsi. Mereka lebih sering berpikir untuk sekedar menggunakan, meniru, atau mengikuti tren tanpa mengeksplorasi penggunaan media digital lebih jauh ". Ujar Razi Thalib, CEO Briges and Ballons Media Digital Agency ini.

Menurut Razi, media digital seharusnya sudah bisa difungsikan lebih jauh, misalnya untuk menyebarkan konten yang menjalin loyalitas, menghemat waktu dan memberikan solusi untuk kehidupan sehari-hari. " Sayang sekali jika kita hanya berhenti sebagai konsumen, tanpa memanfaatkan akses dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk berkarya. Padahal potensi yang dimiliki negara ini sangat besar ". Ujar Razi Thalib lebih lanjut.

Pengguna media digital oleh para pelaku bisnis saat ini, kebanyakan hanya berhenti pada target sekadar untuk meraup jumlah pengunjung  sebanyak mungkin. Jarang ada pemikiran lebih jauh, misalnya menggunakan desain dan konsep interaksi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli setia.

" Misalnya anda punya produk berupa coklat. Yang layak dilakukan selain menjualnya, adalah mengedukasi konsumen tentang produk itu. Bagaimana mengenali coklat berkualitas tinggi, dari penampilan, aroma dan rasanya. Lalu informasikan tentang konsep Fair - Trade. Dimana para petani bisa menjual hasil kebun panen coklat dengan harga layak dan tidak dipermainkan pasar. Ciptakan sebuah kesadaran, bahwa ada sisi lain dari bisnis anda yang menyentuh aspek kemanusiaan dan lingkungan. Juga gambarkan mengapa sangat penting bagi konsumen untuk mendukung perusahaan yang memiliki idealisme, dan tidak semata-mata berbisnis ". Ujar Razi.

Menurut Razi Thalib, kini sudah saatnya para pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak lagi sekadar sebagai pemakai, namun juga menggunakannya sebagai media mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberi solusi, serta mendorong mereka kearah yang lebih baik.

Personal Branding Agency, Indscript Creative



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...