Loading

Kamis, 25 April 2013

Tips membersihkan Perlengkapan Rumah

Bisa dipastikan setiap hari orang menyapu dan mengepel rumah. Namun belum tentu sebulan sekali membersihkan perlengkapan dan perabotan rumah yang ada. Padahal perlengkapan rumah yang jarang dirawat dan dibersihkan akan menimbun banyak debu dan bisa menimbulkan penyaki saluran pernafasan.

Berikut beberapa petunjuk membersihkan perabotan dan perlengkapan rumah :
  1. Karpet :  Karpet hendaknya setiap hari dibersihkan dengan menyedot debunya dengan alat penghisap debu. Bila tidak memiliki alat penghisap debu, maka angkat karpet keluar rumah dan dipukul dengan sapu lidi hingga debunya berterbangan. Bila karpet terkena tumpahan minyak bubuhi dengan talk, biarkan beberapa lama baru kemudian disikat dengan sikat nilon. Bila terkena tumpahan kopi atau teh bersihkan dengan lap basah, sehingga kotorannya menghilang.
  2. Kaca  : Sebagian perabotan dan perlengkapan rumah tangga biasanya menggunakan kaca. Bisa meja rias, meja tamu, lemari panjang dan sebagainya. Semprotkan terlebih dahulu dengan cairan pembersih kaca, kemudian bersihkan dengan lap kering. Mulailah dari bagian bawah terus kebagian atas secara searah. Bila tidak mempunyai pembersih kaca, cobalah dengan menggunakan sobekan koran yang dibasahi dengan air. Setelah kotorannya hilang baru bersihkan lagi dengan lap kering.
  3. Mebel : Mebel bisa terbuat dari rotan, plastik logam maupun kayu. Mebel yang terbuat dari rotan perlu sesekali dibasahi dengan air, karena rotan kering mudah pecah-pecah. Sebelum dicuci dengan air deterjen, laplah terlebih dahulu debu yang melekat pada rotan dengan lap kering. Sesudah itu keringkan ditempat yang banyak angin. Mebel yang terbuat dari logam cukup dibersihkan dengan air sabun, setelah debunya dihilangkan terlebih dahulu. Mebel dari katu dapat dibersihkan dengan lap biasa. namun bila mebel penuh ukiran, maka gunakan sikat untuk membersihkannya. Debu biasanya menempel pada celah-celah ukiran. Agar lebih mudah membersihkan gunakan kuas yang dibubuhi terpentin.
  4. Vitrage dan Gorden : Bersihkan gorden sekurangnya seminggu sekali dengan menyedot debunya mempergunakan vacum cleaner. Namun bila sangat kotor gorden dan vitrage harus dicuci dengan cara merendamnya dengan detergen. Biarkan beberapa waktu hingga kotorannya lepas setelah itu baru dibilas sekali kemudian dijemur. 
Rumah yang bersih dan tidak berdebu selain menyehatkan, juga  tentu akan sangat nyaman  bagi penghuninya. Walaupun diperlukan sedikit tenaga dan waktu untuk mencapainya  tapi hasilnya sebanding dengan kenyamanan  yang didapat sesudahnya. 

3 komentar:

  1. kalau karpet ketumpahan sesuatu (asal bukan najis), setelah dilap/dikeringkan/dibersihkan dari tumpahan, disemprot dulu dengan kisspray/rapika/pewangi setrikaan, insyaaLlah bau apeknya hilang, itu berlaku juga untuk kasur/bantal yang ketumpahan pesing anak/iler berlebih, hiy...jorok :)
    btw, ini penguinmu mengganggu nih, maksa banget ;)

    BalasHapus
  2. tuh kan Teh, baru ditinggal bentar aja, pas saya nongol lagi penguinmu datang lagi hiks...kayaknya dia naksir sama saya deh Teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha........ha.......penguinnya tahu Uni nya manis n baik hati, trims tips tambahannya

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...