Loading

Selasa, 03 Februari 2015

7 Makanan Super Yang Efektif Memerangi Inflamasi (Peradangan)

Obesitas menjadi salah satu faktor penyebab berbagai macam penyakit dalam tubuh. Dalam salah satu jurnal Cancer Research dikatakan bahwa salah satu cara termudah menurunkan resiko kanker adalah dengan menurunkan berat badan. Kanker menjadi salah satu penyakit yang menimpa Ayahanda (Alm) sebelum menghabiskan nafas nya yang terakhir. Hampir tiga tahun beliau bertarung melawan kanker prostat stadium empat, hingga akhirnya tidak berdaya menghadapi keganasan kanker. 

Sebelumnya nenek dari pihak ibu juga mengalami kanker usus, dan sudah pada stadium lanjut saat terdeteksi. Sebagai keturunannya kami ( putra/putri ) beliau sempat dihinggapi rasa khawatir, karena salah satu faktor penyebab dari kanker adalah faktor genetika. Selain menjaga pola hidup, kami juga menjaga pola makan yang bisa menjadi pemicu berbagai penyakit ganas dan mematikan. Beberapa makanan berikut disebutkan sebagai makanan yang paling efektif memerangi inflamasi (peradangan).

Banyak makan buah dan sayur, semakin banyak warna semakin baik
Jadikan sayur hijau dan tua seperti brokoli dan bayam, bersama dengan buah dan sayuran kaya karotenoid, yaitu senyawa yang memberi warna oranye dan kuning pada makanan tumbuhan, adalah dasar dari diet anti kanker. Apel, buah sitrus, paprika, wortel dan berry semua masuk dalam kategori ini.

Makan ikan
Tuna, salmon liar dan sardine kaya asam lemak omega-3 yang memerangi inflamasi. Tubuh kita tidak bisa memproduksi omega-3, yang sangat penting untuk kesehatan yang baik. Jadi kita harus mendapatkannya dari makanan, terutama ikan. Omega-3 juga banyak terdapat dalam flaxseed oil, kedelai dan kidney bean.

Minyak zaitun lemak baik
Salah satu lemak tak jenuh tunggal yang sering dikatakan sebagai lemak sehat, minyak zaitun bersama dengan minyak canola dan grapeseed oil. Juga mengandung ingredien yang meningkatkan kemampuan memerangi inflamasi.

Tambahkan bumbu
Beberapa bumbu diantaranya kunyit dan jahe adalah pembasmi inflamasi yang kuat.

Minum kopi
Di tahun 2006 para periset dari Iowa Women's Health Study mengaitkan minum kopi dengan menurunkan risiko penyakit kanker, penyakit jantung dan penyakit lainnya pada perempuan pascamenopause karena senyawa yang memerangi inflamasi. Tetapi jika  bukan peminum kopi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, dan ibu hamil disarankan menghindari kopi sama sekali.

Makan padi-padian utuh
Tinggalkan roti putih, pasta yang dihaluskan. Padi-padian utuh dicerna lebih perlahan, mencegah peningkatan gula darah yang dapat menyebabkan inflamasi.

Snack kacang-kacangan - nut
Jika ingin makan snack, makan segenggam walnut, almond atau pitachios. Sebuah kajian di tahun 2008 yang diterbitkan dalam Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition mengamati berbagai senyawa didalam nut yang berkhasiat anti inflammatory dan asam lemak tak jenuh jamak. Semua membantu mengurangi inflamasi dalam berbagai tingkat.

7 makanan yang dituliskan diatas diyakini sebagai makanan super yang dapat memerangi inflamasi (peradangan). Mulailah hidup sehat dengan memilih dan memilah makanan yang menjadi sumber penyakit. Jauhi dan hindari makanan yang bisa meningkatkan obesitas, batasi jumlah pemakaian gula dan makanan olahan seminim mungkin. 


15 komentar:

  1. pengen banget berusaha makan makanan yang baik. moga selalu ada rizki. hehehe.. aamiin

    BalasHapus
  2. Aamiin...
    Memang selama ini makanannya krg baik neng ? He.....

    BalasHapus
  3. info yang sangat penting. Alhamdulillah saya dapat ilmu lagi, apalagi setahun ini saya sudah mengurangi menggunakan penyedap. dan memang meski banyak makanan sehat.
    Salam kenal dan sukses ya mak.
    Liswanti627.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.......mak sdh mengurangi menggunakan penyedap saya sdh lama gak pake. Salam kenal juga mak, sukses jg utk mak

      Hapus
  4. makk .. aQ tuh salah satu manusia yang ga bisa jaga body alias ndut :D
    jadi ngeri setelah baca artikelnya..
    thx ya mak.. mo segera diet ah .. biar sehat
    sukses terus ya maakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi........godaannya lbh hebat ya mak ! sama2 mak, sukses jg utk mak

      Hapus
  5. Makk...pengen juga makan makanan yang sehat dan diet. Diet sich msh program, berusaha hidup sehat demi masa depan juga mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mak sehat investasi juga, smg kali ini dietnya sukses ya mak

      Hapus
  6. contoh yang padi2an itu kayak gandum bukan mak??
    salam kenal ^^

    BalasHapus
  7. rasanya merinding ya mak melihat kenyataan saat ini, jaman semakin maju tetapi penyakitpun semakin merajalela, kita harus ekstra hati-hati dan mulai hidup secara sehat. Terima kasih sharing infonya yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg menggiurkan itu ternyata sumber penyakit ya mak, sama2 mak kita saling berbagi disini ya..........

      Hapus
  8. Setiap makanan ada plus-minusnya jika dikonsumsi oleh manusia.
    Kacang-kacangan misalnya. Bagus tapi menjadi biang asam urat jika dimakan oleh orang yang sudah berumur.
    Oleh karena itu sebelum menyantap makanan seyogyanya diketahui dengan baik efek yang mungkin timbul.
    Terima kasih tipsnya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sekali makan lebih dari sekilo baru jadi penyakit pakde, he.........yg penting kita sendiri tahu batas dan bisa menakar berapa banyak yg dibutuhkan oleh tubuh kita sendiri. Terima kasih tips tambahannya juga pakde. Salam hangat kembali dari Bandung

      Hapus
  9. Izin share & save yaa mbak makasih ^^

    Watch movie HD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...