Loading

Jumat, 27 Februari 2015

Makanan Untuk Menaklukkan Perasaan Buruk

Gambar diambil disini : 
http://rahasia-wanita.com/wp-content/uploads/2012/08/images1.jpg

Sebuah riset mengatakan bahwa makanan dan minuman tertentu mengandung senyawa yang bisa membalikkan perasaan negatif. Seperti stress, gampang tersinggung atau murung. Jenis makanan berikut bisa membuat perasaan menjadi fantastik.

Konsumsi Coklat untuk membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan stress
Coklat menghambat otak mengeluarkan hormon stress cortisol dan hormon lari atau lawan yang disebut catecholamines, yang memicu ansietas, kata periset. Menurut hasil riset ini juga dikatakan bahwa orang yang sangat resah kemudian makan 1,4 ons cokelat hitam sekitar satu batang cokelat setiap hari, mereka merasa lebih tenang secara bermakna dan berkurangnya tingkat stress.

Bangkitkan semangat dengan Popcorn
Kekurangan sinar matahari terutama saat berada pada musim hujan dan membuat cuaca menjadi mendung. Kejadian ini bisa mengurangi kadar neurotransmitter serotonin tubuh yang bisa menyebabkan rasa lesu dan lemas. Untuk mengatasinya makanlah popcorn dan karbohidrat kompleks lainnya seperti biskuit gandum padi-padian utuh atau pasta gandum.


Mengapa harus popcorn ? Popcorn kaya vitamin dan serat yang meningkatkan suplai serotonin otak. Selain itu juga memberikan energi cepat karena tubuh membakar karbohidrat dulu untuk bahan bakar, jelas seorang pakar Tammy Lakatos.

Konsumsi Avokad
Apa rahasia dibalik buah avokad ? Lemak sehat didalam avokad diubah selama pencernaan menjadi sejenis hormon yang disebut oleoylethanolamide, yang mengaktifkan area di otak yang memerintahkan memori. Para periset ini juga mengatakan konsumsilah 1 sampai 2 ons avokad sekitar 30 menit sebelum fokus pada suatu masalah atau tengah belajar mempersiapkan sesuatu.

Tenangkan pikiran dengan Pitachio
Perubahan kadar gula darah cepat naik tajam diikuti dengan cepatnya penurunan bisa membuat seseorang menjadi mudah marah dan nervous. Bagaimana mengatasi hal tersebut ? sebuah study di Universitas Toronto  mengatakan konsumsi pitachio dapat mencegah naik dan turunnya gula darah. Karena kandungan tinggi antioksidan, lemak sehat, protein, magnesium dan serat yang dimilikinya.

Menghilangkan perasaan murung dengan omega3
Lemak-lemak baik ini membantu menjaga dinding sel otak lentur, karena jika kaku otak bekerja kurang efisien yang dapat membuat perasaan turun. Usahakan mendapatkan 6 ons salmon, tuna atau ikan lainnya per minggu. Karena ikan-ikan ini kaya asam lemak omega3. Sebagai pencerah perasaan, kata periset.

Hentikan PMS dengan biji-bijian dan vitamin B6
Campur 200 mg magnesium, jumlah ini bisa diperoleh dari segenggam biji matahari dengan 50 mg vitamin B6 dalam suplemen. Hasil dari pencampuran ini dapat membuat relaksasi otot yang menyebabkan kram PMS. Vitamin B6 membantu otak memproduksi zat kimia yang menenangkan.

Mencegah PMS ini juga bisa dilakukan dengan meminum 4 gelas susu rendah lemak (1.200 mg ). Menurut penelitian perempuan yang mendapatkan 1.200 mg kalsium perhari kemungkinan 50% menderita PMS dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan kalsium dalam jumlah ini. Sementara susu penuh (whole milk) dapat meningkatkan simptom pramenstruasi, karena susu jenis ini memiliki kadar lemak jenuh tinggi. 

4 komentar:

  1. kalo aku paling ampuh itu coklat teh.. ga tau kenapa deh.. mungkin karena sugesti dan kesukaan juga kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama neng, saya juga suka dgn hot chocolate rasanya menenangkan. Cuma katanya gak boleh diminum menjelang tidur karena bisa bikin susah tidur

      Hapus
  2. coklat yang paling saya suka :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...