Loading

Rabu, 20 April 2016

Cara Merawat Kursi Roda Agar Awet

Cara Merawat Kursi Roda Agar Awet

Setelah sebelumnya menulis tips penyimpanan kursi roda disini, seperti janji saya kali ini akan membagikan bagaimana cara merawat kursi roda agar awet.
Apapun jenis kursi roda yang dimiliki ada satu kesamaan yang harus dimiliki yaitu kursi roda harus dirawat dengan baik.

Perawatan dan pembersihan kursi roda sangat penting karena benda ini diduduki nyaris sepanjang waktu oleh penggunanya sehingga harus terasa nyaman untuk jangka waktu lama. Disamping itu harga kursi roda tidaklah murah. Oleh karena itu, cara merawat dan membersihkannya pun harus teratur sehingga dapat menjamin keawetan kursi roda sehingga masa pakainya bisa lebih lama.

Ketika seseorang divonis harus menggunakan kursi roda karena sesuatu sebab misalnya : kecelakaan atau sebab penyakit maka selain pengguna yang harus mengetahui cara merawatnya, pendamping atau anggota keluarganya pun harus mengetahui bagaimana cara merawat kursi roda dengan baik. 

Membersihkan kursi roda sebetulnya tidak terlalu sulit, tetapi jika kursi roda yang digunakan adalah jenis kursi roda elektrik maka diperlukan pengetahuan tambahan agar tidak salah penanganan. 

Berikut beberapa tips untuk merawat dan membersihkan kursi roda agar selalu bersih, nyaman digunakan dan awet.
  1. Membersihkan kursi roda cukup dilakukan dengan kain basah. Pastikan untuk membersihkan setiap permukaan dengan seksama terutama bagian dudukan, sandaran punggung dan sandaran kaki yang merupakan bagian yang paling sering kontak dengan tubuh pengguna. Bila ada noda yang cukup sulit untuk dibersihkan bisa menggunakan sedikit deterjen atau sabun yang cukup lembut dipermukaan kulit, misalnya sabun mandi. Jangan gunakan selang atau pancuran bertekanan tinggi karena air yang menyusup kesela-sela bagiannya dapat menimbulkan karat.
  2. Pastikan untuk membersihkan jari-jari roda dan bagian lain dari debu, tanah, rambut, serpihan2 lainnya yang dapat mengganggu pergerakan roda. Pastikan bagian  ban roda tetap terisi udara secara maksimal. Sehingga roda tidak menggelincir keluar jalur meskipun didorong lurus kedepan ( cek dengan cara mendorong kursi roda ditempat lurus dan datar ).
  3. Pastikan semua baut dan sekrup terpasang kencang serta tidak ada keretakan pada rangka. Lakukan hal ini paling tidak 1 - 2 minggu sekali. Pastikan juga pengguna untuk segera memberitahu jika kursi rodanya terasa goyah atau tidak nyaman.
  4. Periksa apakah kain pelapis tidak ada kerobekan. JIka kursi roda memakai bantalan maka bantalan tersebut harus terasa empuk dan nyaman untuk penggunanya.
  5. Periksa apakah semua bagian yang memiliki mekanisme lipat dapat berfungsi dengan baik, termasuk sandaran ( bila tipe sandaran punggung termasuk yang bisa dinaik turunkan ). Jika ada bagian yang perlu diberi pelumas jangan diberi oli tetapi gunakan pelumas yang berbahan dasar silikon.
  6. Untuk kursi roda elektrik berikan perhatian khusus pada bagian kabel dan baterainya. Perhatikan apakah tidak ada penumpukan debu atau korosi dibagian-bagiannya. Dan jika ingin memperbaiki sesuatu sendiri jangan lupa juga untuk memastikan susunan kabelnya. Kekeliruan dalam menyambung koneksi dapat menimbulkan korslet yang membuat kerusakan pada kursi roda.
  7. Untuk kursi roda elektrik jangan menunggu hingga baterai kursi roda nyaris habis sebelum di recharge. Segera recharge jika indikasi baterai sudah sedikit berkurang dari setengahnya.
  8. Sebaiknya lakukan perbaikan pada ahlinya jika kursi roda mengalami kerusakan terutama untuk kursi roda tipe elektrik
Perawatan dan pembersihan kursi roda secara teratur tidak hanya akan menjamin keawetan dari kursi roda namun juga menjamin kenyamanan penggunanya.  Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat kursi roda agar awet.


















4 komentar:

  1. wah.., mama mertuaku pakai kursi roda. info ini berguna banget buat kami. makasih ya buat sharing bermanfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba saling berbagi info trims juga kunjungannya

      Hapus
  2. Nenek mertua pernah pakai kursi roda, tapi sekarang udah bisa jalan seperti biasanya lagi. Jangankan dirawat rodanya, mbak, malah dibuat mainan sama buyut-buyut-nya. Hadooh *tepokjidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.........Alhamdulillah nenek mertuanya sudah bisa jalan kembali

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...