Loading

Rabu, 06 April 2016

Bagaimana Menurunkan Berat Badan

Bagaimana menurunkan berat badan ?

Kelebihan berat badan selalu menjadi hal yang paling menakutkan terutama untuk para wanita. Karena dengan berat badan berlebih selain tidak indah dipandang mata juga biasanya diikuti dengan turunnya rasa percaya diri. Padahal setiap wanita itu ingin selalu terlihat cantik dengan fostur tubuh ideal.   Selain masalah penampilan, kelebihan berat badan juga berpengaruh terhadap timbulnya berbagai penyakit.

Kelebihan berat badan  biasanya disertai dengan  kelebihan lemak tambahan. Semua lemak tambahan ini memberi beban pada ginjal, jantung, dan hati juga persendian yang harus memikul berat badan, panggul, lutut dan mata kaki.  Kalau untuk saya kelebihan berat badan membuat saya lebih mudah terjatuh , karena ukuran kaki saya yang kecil harus menopang puluhan kilo berat badan. Sehingga jika persendian kaki sudah mulai terasa sakit-sakit itu warning agar saya mulai menjaga setiap asupan yang masuk kedalam mulut.

Tidak mengherankan banyak program diet ditawarkan untuk menjaga berat badan tetap stabil. Dan program diet biasanya juga banyak diburu oleh para wanita.  Namun tidak sedikit pula mereka yang melakukan diet tanpa diawasi oleh profesional. Diet yang seperti ini membahayakan dan bisa berujung pada kematian apalagi jika melakukan diet ekstrim.

Lalu bagaimana  caranya agar terhindar dari berat badan berlebih namun  tidak membahayakan ? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berat badan berlebih namum tetap aman.

Batasi Banyaknya Makanan,  
Makanlah makanan yang seimbang  dan hindari makanan mewah karena makanan seperti ini biasanya banyak mengandung kalori. Jangan lupa untuk  banyak mengonsumsi kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari. Hindarkan makanan yang banyak mengandung lemak, seperti : es krim, coklat, kue-kue yang banyak mengandung lemak.

Berhati-hatilah dengan sisa makanan
Stop untuk menjadi tempat sampah putri/i anda karena merasa sayang melihat makanan yang tidak dihabiskan anak-anak. Lebih bijaksana jika mengurangi makanan yang disediakan dan menghindarkan persoalan “sisa makanan”.

Stop ngemil
Menghilangkan kebiasaan ini memang agak sedikit sulit apalagi jika sedang berada didepan televisi atau  dikejar deadline, camilan menjadi teman yang menyenangkan. Mulai sekarang jauhkan atau kalau bisa hilangkan semua jenis kripik dan cookies didepan anda yang bisa merusak konsentrasi menurunkan berat badan.

Olah raga teratur 
Olah raga terbaik adalah berjalan kaki. Menggerak-gerakkan otot tungkai akan menolong membakar lebih banyak lemak yang tidak diperlukan.

Hindarkanlah makan-makan mewah
Karena makanan mewah biasanya lebih membuat  bernafsu untuk mencoba mencicipi semuanya. Segala gula yang berlebihan mengandung banyak kalori tetapi kurang dalam nilai makanan. Kebiasaan yang baik adalah meninggalkan meja makan sementara masih lapar. Bukankah menurut Rasul juga “ makan disaat lapar berhenti sebelum kenyang “

Makanlah dengan teratur
Makanan harus dikurangi, disediakan dengan baik dan diatur sehingga menarik ketika disajikan di meja makan. Nikmatilah setiap makanan yang masuk kedalam mulut sehingga  akan terbiasa untuk  benar-benar menikmati setiap makanan yang dikunyah.

Jangan menahan lapar terlalu lama
Karena hal ini akan membuat  menjadi sangat kalap melihat makanan didepan . Sehingga  tidak lagi memperhitungkan kebutuhan makanan tetapi lebih kepada emosi.

Jangan lupa makan pagi
Hal ini akan membuat  lebih konsentrasi beraktifitas dan melupakan keinginan untuk ngemil atau jajan diantara waktu makan sebagai pengganjal perut.

Makanlah lebih banyak sayur dan buah
Sayur-sayuran dan buah sedikit mengandung kalori tetapi lebih banyak mengandung vitamin dan mineral. Dan jika merasa lapar sebelum waktu makan tiba atau pada malam hari menjelang tidur sebaiknya makanlah buah-buahan.

Menurunkan berat badan kedengarannya sedikit sulit  perlu niat dan ekstra usaha namun bukan suatu yang mustahil. Karena Dengan tetap menjaga berat badan seimbang maka  akan terhindar dari berbagai penyakit gawat seperti darah tinggi, jantung, ginjal, diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

Menurunkan berat badan juga akan membantu semua organ tubuh  bekerja lebih berat. Tetaplah menjaga berat badan  dengan menjaga setiap asupan yang masuk kedalam mulut . Karena “ makin panjang lilitan lingkar pinggang makin pendek usia " dan makin banyak juga tabungan terkuras untuk bolak balik rumah sakit, mau ??? Jangan ya !




16 komentar:

  1. Padahal saya ga bisa klo tanpa ngemil, hihi
    Yapi syusyahhh

    Pingin langsing juga

    BalasHapus
  2. Rata-rata susah dijalanin ya mak tipsnya. Hueheheheee. Tapi ya memang, mau sehat, kurus dan cantik memang harus banyak berkorban yaaah. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya tergantung niat mak, usaha keras dan niat sungguh2 Insha Allah hasilnya jg memuaskan

      Hapus
  3. klo saya sering puasa sama makan cukup 2 kali aja sehari,, porsi sama seperti pas puasa. alhamdulllah meski gak mudah tapi turun juga berat badan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah......dg puasa jg memberi kesempatan organ2 tubuh utk beristirahat juga ya !

      Hapus
  4. sudah melakukan hal itu kecuali ngemil, kayaknay susah ya menghilangkan ngemil, harusnya jangan ada camilan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.......ngemil itu memang paling susah utk di stop

      Hapus
  5. ngemil,susah bangetttt berhentinya >_<

    BalasHapus
  6. iya nih, mba tini, saya juga pengen nurunin bb, waduuuh masih belum turun juga nih timbangan hehehe...coba tipsnya, aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama2 menurunkan bb biar lebih sehat, he.....

      Hapus
  7. Beraaaaattt...tapi patut dicoba nih. Makasih ya bu sharingnya. Semoga bisa dijalankan...

    BalasHapus
  8. Aku kalo niat mau nurunin Bb eh kok malah sebaliknya.
    Jadi ya ga usah diniatin, eh tapi ga turun3 juga. Huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha......tos mba Ratu aku jg kalau punya perasaan kurus pas lihat di cermin kok gemuk ya

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...