Loading

Senin, 18 April 2016

Tips Penyimpanan Kursi Roda

tips penyimpanan kursi roda

Dulu terapis tidak memperbolehkan saya memakai kursi roda karena menurutnya  masih bisa berjalan dengan bantuan brace dan elbow. Jika saya memakai kursi roda maka akan malas bergerak sehingga otot2nya pun akan ikut malas fungsinya. 

Tapi disaat hamil saya membutuhkan bantuan kursi roda karena kedua kaki tidak cukup kuat untuk menahan bobot tubuh yang terus bertambah disebabkan kehamilan. Demikian juga disaat sekarang terkadang saya membutuhkan bantuan kursi roda apalagi jika harus berjalan jauh dan lama sudah tidak kuat dan cepat lelah. Jadilah terpikir untuk memiliki kursi roda jika sewaktu2 dibutuhkan. Karena kursi roda ini tidak dipakai setiap hari maka penyimpanannya pun harus benar2 apik sehingga kursi itu awet untuk waktu cukup lama. 


Berikut beberapa tips penyimpan kursi roda :
  1. Saat sedang tidak digunakan dalam waktu lama, lipatlah kursi roda dan bungkus dengan penutup plastik, lalu simpan ditempat yang tidak lembab agar tidak menimbulkan jamur atau karat. Jika jenis kursi roda tidak bisa dilipat tetap harus dibungkus dan simpan ditempat bersih serta kering.
  2. Jika membersihkan atau melumasi kursi roda sebelum menyimpannya dan kursi tersebut jenis yang bisa dilipat jangan langsung melipatnya ketika masih dalam keadaan lembab. Tunggu hingga tiap bagian dan permukaan benar2 kering sebelum melipat dan menyimpannya agar tidak berjamur atau mengandung bau tak sedap.
  3. Menyimpan kursi roda elektrik terutama bila kursi roda tersebut disimpan ditempat tertutup, pastikan tempat penyimpanan tersebut tidak lembab atau sering dilewati tikus. Kelembaban dan tikus dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen elektriknya , misalnya korslet karena kabel basah atau digigiti tikus.
  4. Jangan menyimpan kursi roda ditempat debu akan mudah numpuk, misalnya dikolong tempat tidur dan bersentuhan langsung dengan lantai. Kalaupun terpaksa menyimpan ditempat tersebut pastikan agar kursi roda terbungkus plastik rapat ( jika perlu beberapa rangkap ) agar tidak ada penumpukan debu dibeberapa komponen.
  5. Pastikan kursi roda tertutup rapat jika hendak memindahkannya dari satu tempat ketempat lain yang jaraknya jauh. Hal ini terutama berlaku untuk kursi roda elektrik, jangan samapai komponennya rusak atau mengalami korslet karena terkena percikan air hujan saat dipindahkan.
  6. Jika hendak memindahkan kursi roda yang terlipat didalam kendaraan, pastikan kursi roda yang terlipat tidak tertindih oleh benda2 lain.
  7. Jika ingin menggunakan pelindung untuk kursi roda, pelindung ini hanya digunakan untuk melapisi bagian luar roda kursi roda sebelum kursi roda dipakai untuk keluar rumah dan harus melewati medan basah atau berlumpur. Selain membantu lantai rumah tetap bersih pelindung juga bisa melindungi roda dari lumpur dan kotoran.
Mengetahui cara tepat untuk menyimpan dan memindahkan kursi roda dari satu tempat ketempat lain merupakan bagian penting dari perawata kursi roda agar kursi roda tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu lama. Perawatan kursi roda ini tidak hanya untuk pengguna saja melainkan juga untuk pendamping yang mendampinginya. Next saya akan membagikan tips cara merawat kursi roda.




4 komentar:

  1. Kursi roda memang rentan terkena karat dan jamur. Mau nggak mau harus telaten memang.
    Makasih tipsnya Mba.

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya mba. Kursi rodaku dah agak.lama juga ngga kugunakan. Soalnya masih bed rest. Nanti mau minta tlg org rumah buat nutupin pakai plastik spt tips mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, aku juga gak pakai tiap hari jadi nyimpennya ditutupi plastik supaya tdk berdebu. Semangat ya mba Yuni

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...