Loading

Jumat, 22 Maret 2013

WOMANMARKETER: SENTUHAN WANITA DI DUNIA MARKETING


Marketing merupakan bagian terpenting dari sebuah usaha atau bisnis, sebagai garda terdepan untuk kelangsungan hidup sebuah usaha. Untuk itu, posisi marketing dalam sebuah bisnis mutlak harus dipegang oleh orang yang luwes dalam berinteraksi, baik dalam soal bisnis maupun hubungan sosial.
Dan pada dasarnya semua orang bisa menjadi marketing yang sukses, tidak perduli apa kepribadiannya. Yang perlu dilakukan adalah bercerita tentang produk yang ditawarkan , memenuhi kebutuhannya, dan menjalin hubungan dengan hati yang tulus.

Dunia marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam hal apapun, oleh karena itu  seorang marketer harus memiliki mental yang sangat kuat. Penawaran yang diajukan tidak selalu dapat diterima oleh Client. Penolakan merupakan hal yang sudah wajar dalam dunia marketing, maka dibutuhkan kesabaran dan ketahanan mental yang ekstra, tetap konsisten dalam pekerjaan dan pantang menyerah. 
Walaupun ahli marketing di Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh pria. Jarang terlihat marketer wanita yang menonjol dan diperhitungkan kiprahnya. Padahal sebenarnya, kebanyakan wanita yang lebih mendominasi dalam dunia marketing. Ahli marketing wanita  biasanya memiliki kepekaan membaca peluang pasar, keluwesan berinteraksi secara sosial, serta memiliki kemampuan dalam menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk sebuah produk. Hal inilah yang membuat wanita memiliki peluang besar untuk tampil ke permukaan sebagai ahli marketing. Disamping itu kesabaran yang dimiliki oleh sebagian besar wanita bisa menjadi kunci kesuksesan seorang wanita sebagai seorang marketer.

Veronica Ratna Ningrum adalah salah seorang WomanMarketer yang berhasil membuktikan, bahwa sentuhan kreatif wanita mampu memberi warna lain dalam pemasaran produk. Kepiawaiannya merancang suatu konsep strategi pemasaran dan mengeksekusi strategi pemasaran, mengantarnya menjadi seorang WomanMarketer Indonesia yang mulai diperhitungkan.
Menurut Veronica, sentuhan seorang WomanMarketer akan memberikan nuansa yang khas, sebab biasanya wanita lebih tekun dan detil, serta lebih luwes dalam memperkenalkan produk yang dijual. Sementara bagi Veronica sendiri, selain diuntungkan oleh keluwesannya dalam berinteraksi dengan klien maupun orang lain, dia juga diuntungkan oleh dedikasinya saat menggarap strategi pemasaran sebuah produk. Tidak ada istilah setengah-setengah bagi Veronica, ketika dia mengerjakan sebuah proyek bagi kliennya. Veronica menempatkan kepuasan konsumen di atas segalanya. Baginya, konsumen harus diperlakukan sebagai raja. Dan sebagaimana layaknya seorang raja, mereka harus mendapatkan perlakuan istimewa.
Menurut Veronica, layanan terbaik bagi klien tidak saja menyangkut soal kualitas produk, namun juga sikap. Seorang marketer perlu memahami cara memperlakukan orang lain dengan baik dan membuat mereka merasa nyaman. Marketer yang baik juga bertindak sebagai problem-solver, yang mampu membuat keputusan serta menyediakan solusi jika terjadi masalah di lapangan.
Demikianlah sentuhan Midas ala Veronica, sang WomanMarketer bermasa depan cerah ini, dalam menyediakan solusi bagi strategi marketing bagi setiap kliennya.

2 komentar:

  1. dalam beberapa kasus, saya menemukan bahwa persoalan marketing dapat diselesaikan dengan adanya campur tangan wanita di dalamnya, dan memang sentuhan wanita ternyata juga sangat manjur untuk dunia marketing :-)

    BalasHapus
  2. setuju mas, terima kasih sudah mampir

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...