Loading

Kamis, 28 Maret 2013

Hatiku Tertinggal di Lombok


Pulau Lombok adalah sebuah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali disebelah Barat dan Selat Alas disebelah Timur dari Sumbawa. Luas pulau ini mencapai 5.435 km persegi, menempatkannya pada peringkat 108 daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia, dengan ibu kota Mataram. Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar penduduknya beragama Islam. Penduduk yang lainnya ada yang berasal dari Jawa, Bali dan Arab. ( dikutip dari : Wikipedia )

Pada pertengahan November 2012 saya ditemani oleh seorang kakak berkesempatan untuk mengunjungi pulau Lombok. Niat kami berdua selain berwisata juga sekalian menengok keponakan yang tinggal di kota Mataram . Kami berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta  Jakarta menggunakan penerbangan paling pagi,  1 jam 50 menit kemudian sudah sampai di Bandara Internasional Lombok.

Hujan rintik-rintik menyambut kedatangan kami kala itu, sehingga  suhu udara tidak terasa begitu panas. Suasana bandara yang begitu ramai dan padat sempat membuat saya bertanya ada apakah  gerangan ini ? diluar ruang kedatangan terlihat kelompok orang berkerumun seperti hendak melakukan  demonstrasi , ternyata mereka adalah para penjemput yang hendak menjemput saudara dan keluarganya yang baru saja pulang dari Malaysia sebagai TKI dan TKW. 

Salah seorang adik bungsu kebetulan tinggal dan bermukim di kota Mataram,  sehingga untuk mengelilingi keindahan pulau Lombok kami berdua tidak memerlukan buku panduan khusus yang biasanya menjadi perlengkapan yang wajib dibawa oleh para wisatawan, untuk menikmati  semua pesona yang dimiliki oleh daerah yang dikunjungi. Eksotisme pantai yang berada di Lombok tidak kalah menariknya dengan beberapa pantai yang berada di pulau Bali. 


Dari puncak Malimbu yang dingin ini kita bisa melihat keindahan pantai Senggigi yang sudah terkenal didunia akan  keindahannya,  sehingga tidak salah jika banyak wisatawan mancanegara dan juga wisatawan lokal   banyak  berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahan pantai, diantaranya surfing dan  snorkling. Memasuki area pantai senggigi wisatawan serta merta akan disambut semilir angin yang menyejukkan. Pesisir pantainya juga masih asri dan hijau.

Pantai Kuta ternyata tidak hanya ada di Bali saja,  di Lombok Baratpun terdapat sebuah pantai yang memiliki pasir putih yang ukurannya sebesar biji merica, sehingga tidak mengherankan seringkali para wisatawan membawa pasir ini sebagai cindera mata. Untuk menuju  Pantai Kuta bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari Mataram selama  kurang lebih 1 jam perjalanan.


Masih belum puas mengunjungi pantai Senggigi dan pantai Kuta, kami mengunjungi Gili Nanggu, yaitu sebuah pulau kecil di Lombok Barat, dimana untuk menuju pulau tersebut  bisa menyewa perahu bermotor dengan tarif Rp 300.00 untuk pulang pergi.


Pantai disini memiliki pasir putih dengan keindahan bawah lautnya  Gili Nanggu seringkali juga disebut sebagai privat Island karena tempatnya yang masih sepi dan sunyi, karena msih sedikit wisatawan yang berkunjung kesini, dan andapun tidak akan terganggu pedagang asongan yang biasanya memenuhi tempat wisata. Sehingga  tidak mengherankan disini banyak dipakai sebagai tempat untuk berbulan madu. Baru terdapat satu buah bungalow yang dikelola oleh pihak swasta di pulau ini , jika wisatawan hendak berniat untuk menikmati keindahan dan mengeksplorasi semua yang ada di Gili Nanggu ini. 

Kegiatan bermain air biasanya sangat disukai oleh sebagian besar anak-anak  jika berwisata ke pantai . Di Gili Nanggu juga anak-anak bisa bebas bermain air laut dan melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya snorkling.




Tidak lengkap rasanya jika berwisata tetapi tidak membawa oleh-oleh saya sangat menyukai  kerajinan tenun. Di Lombok Tengah tepatnya didaerah Sukarara tepatnya di kecamatan Jonggot sebagai sentra produksi kerajinan tenun Songket. Songket adalah kain tenun yang dibuat dengan tehnik menambah benang. Hiasan dibuat dengan menambah benang perak, emas atau benang warna diatas benang lungsi. Tingkat kerumitan dari selembar songket akan menentukan harga jual songket yang berkisar antara Rp 100.000 sampai
Rp 5.000.000/lembar dengan lebar 1,2 meter dan panjang 2 meter.


Lombok juga terkenal dengan kerajinan mutiaranya. Mutiara Lombok terkenal sebagai mutiara  terbaik didunia, ada mutiara air tawar dan mutiara air laut. Mutiara air laut biasanya memiliki harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mutiara air tawar. Pintar-pintarlah memilih dan menawar berbagai macam mutiara yang diincar sehingga mendapatkan mutiara bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal. Daerah Sekarbela sebagai tempat penjualan dan sentra produksi perhiasan mutiara yang sempat saya kunjungi.


Beberapa kerajinan mutiara yang sempat saya beli

Ada yang tidak boleh dilupakan jika kita mengunjungi suatu daerah yaitu wisata kuliner, mengenal aneka macam makanan yang menjadi ciri khas dari daerah yang dikunjungi.  Lombok terkenal dengan Ayam Bakar Taliwangnya yang biasanya disajikan bersama dengan Pelecing Kangkung yang memiliki cita rasa ekstra pedas. Kangkung yang terdapat di Lombok berbeda dengan kangkung yang terdapat didaerah saya ( Bandung ) kangkung Lombok akan tetap hijau dan empuk setelah dimasak, sehingga tidak mengherankan ada salah satu restoran  di Jakarta yang menyajikan masakan kangkung dimana kangkungnya didatangkan langsung dari Lombok. Lombok juga terkenal dengan dodol rumput lautnya, dodol ini menurut pembuatnya dibuat dengan menggunakan gula jagung sehingga rasa manisnya pas dan tidak terlalu manis  seperti dodol dengan gula pasir atau gula merah.

Selama satu minggu berada di Lombok belum cukup rasanya untuk menikmati banyaknya pantai yang ada disini ,  pantai disebelah Lombok Timur  menurut cerita tidak kalah  indah daripada pantai di Lombok Barat . Juga aneka budaya dan tradisi Lombok banyak dipengaruhi oleh budaya Bali, turut melengkapi nilai tambah dari pariwisata di Lombok. Tidak mengherankan suatu saat Lombok akan bisa terkenal seperti halnya Bali sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.




1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...