Loading

Selasa, 10 Desember 2013

Ayam Goreng Kremes


Zahra si bungsu sangat hobby sekali makan dengan lauk ayam. Hampir setiap hari harus ada ayam tersedia diatas meja makan. Rasanya saya sendiri sampai bosan memasaknya. Mulai dari digoreng, bakar, ungkep atau di sayur tapi dia kurang suka jika di pepes.

Kalau di goreng , biasa setelah diungkep dengan aneka macam bumbu lalu di goreng begitu saja. Atau dibuat ayam goreng kelapa. Kelapanya dibuat seperti serundeng.

Suatu hari kakakku datang ke rumah, dia heboh menceritakan saat di rumahnya ada demo cara membuat ayam goreng kremes. " Hasil gorengan ayamnya gurih dan renyah dan  kremesnya itu crispy banget " katanya dengan penuh antusias saat menceritakannya. Namanya juga demo ujung-ujungnya ya pastilah jualan produk.

Bisa gak bikin kremesnya pakai penggorengan biasa tidak memakai penggorengan yang ditawarkan ? tanyaku, dia  bilang gak bisa hasilnya gak crispy seperti menggoreng dengan penggorengan khusus. Masa sih gak bisa , batinku ! Aku gak mau percaya, maka kucobalah resep yang diberikannya dengan memakai penggorengan yang biasa dipakai sehari-hari.

Dan hasilnya........dia kaget " kok bisa crispy sih padahal  kan pakai penggorengan biasa ?" Ha.........aku tertawa,  dia sudah dibohongi oleh para sales cantik itu. Tanpa penggorengan yang harganya muahalpun  masih bisa bikin ayam goreng kremes yang rasanya tetap crispy.

Ada yang mau mencoba bikin sendiri ? silahkan dicoba resepnya.
Bahan :
1ekor ayam kurang lebih 800 grm

Bumbu yang dihaluskan :
1. 6 siung bawang merah
2. 4 siung bawang putih
3. 1 ruas jari kunyit
4.  6 biji kemiri

Semua bumbu ini dihaluskan lalu ditumis hingga harum. Masukkan 1 batang serai, 2 lembar daun salam dan seiris lengkuas. Setelah harum masukkan air secukupnya kira-kira sampai ayam bisa terendam. Tambahkan garam secukupnya. Masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Jangan sampai air ungkepnya habis karena air ini yang akan dipakai untuk membuat kremesnya.

Setelah dingin buat adonan kremes atau pencelup.

Bahannya : 15 sdm air ungkep, I butir telur ayam dan 5 sdm tepung kanji. Aduk jadi satu semua bahan ini hingga licin. Sisihkan

Kita mulai menggorengnya yuukkk.....
Masukkan minyak dalam jumlah banyak ke penggorengan biarkan sampai benar-benar panas. Setelah panas celupkan ayam dalam bahan pencelup masukan dalam penggorengan. Goreng hingga matang dengan memakai api besar. Lakukan sampai ayam habis.

Setelah ayam habis buat kremesnya dari sisa celupan tadi dengan cara masukkan celupan sesendok demi sesendok diatas minyak panas dengan cara memutar pada saat memasukannya. Biarkan menyatu karena jika sudah kering akan terpisah dengan sendirinya. Angkat jika sudah matang. Lakukan hingga adonan habis.
Akhirnya ayam matang siap disantap dengan nasi putih panas dan sambal lalap.

Coba nulis di blog pake android tapi bingung nih gimana masukin fotonya. Fotonya di upload belakangan aja ya......Selamat mencoba.

Alhamdulillah setelah otak atik fotonya bisa muncul juga

9 komentar:

  1. asiik, dicatet ahhh ada ayam dikulkas tp gak dapat ide utk masak. makasih mak sudah share resepnya :)

    BalasHapus
  2. wah baru tahu,memang enak sih kremesnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mak anak2 biasanya paling suka dgn kremesnya

      Hapus
  3. aish ngiler, mau coba bikin ah. makasi resepnya :)

    BalasHapus
  4. aiihhh,,rasanya pasti mak nyuuss kyk fotonya ya mak,,he he lapaaaarrr,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau coba bikin mak aisykha ? biar gak tambah laparrrrrrrr.....

      Hapus
  5. wah keliatan enak nih.
    ntar aku coba bikin ah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...