Loading

Selasa, 12 November 2013

Khasiat Luar Biasa dari Seledri

Seledri ( Apium Graveolens ) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Di beberapa negara seperti Jepang, Korea dan Cina mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda. Dan digunakan daunnya untuk menyedapkan Sup atau sebagai lalapan. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa. Daun, tangkai daun, buah dan umbinya semua dimanfaatkan. 

Ada tiga kelompok seledri yang dibudidayakan :

  • Seledri daun atau seledri iris ( A. graveolens kelompok secalinum ) biasa diambil daunnya dan banyak digunakan dalam masakan Indonesia.
  • Seledri tangkai ( A. graveolens kelompok dulce ) tangkai daunnya membesar dan beraroma segar, biasanya digunakan sebagai komponen salad.
  • Seledri umbi ( A. graveolens kelompok rapaceum ) membentuk umbi dipermukaan tanah, biasanya digunakan dalam sup, untuk semur, atau schnitzel. Umbi ini kaya provitamin A dan K.

Seledri Daun

Umbi Seledri


Seledri tangkai


Tingginya kadar sodium dalam seledri sangat berguna untuk menjaga vitalitas tubuh. Masyarakat pedesaan mempergunakan seledri untuk menyembuhkan sakit panas pada anak-anak dengan cara menumbuk dan membalurnya.


PENYAKIT YANG DAPAT DIOBATI DENGAN SELEDRI :

Hipertensi, sakit mata, anemia, penghilang rasa sakit, sehat darah dan membersihkan darah, diare, diabetes, epilepsi, migran, buang air kecil yang mengandung darah, mencegah stroke, memperbaiki fungsi hormon dan menyembuhkan sakit panas.

Jus seledri dari seledri berdaun besar bisa meningkatkan kecerdasan, mengatasi herpes, gondok, sebagai pencegah kanker payudara, gagal ginjal dan untuk kesehatan gigi, membantu menurunkan / menetralkan kadar asam urat dalam darah, mengurangi rasa sakit pada persendian akibat asam urat, menormalkan gula darah, menjaga kesehatan jantung dan tulang, mengatasi infeksi saluran kencing, serta menetralisir efek degeneratif dan sebagai anti oksidan penangkal radikal bebas gondok dan digunakan juga untuk kecantikan.

Manfaatnya akan jauh lebih terasa apabila  kita rutin mengonsumsinya dalam keadaan  mentah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...