Loading

Minggu, 30 Juni 2013

Buku Antologi Pertamaku



Dua puluh orang penulis dari berbagai tempat di Indonesia, berkolaborasi apik dalam sebuah buku : Rainbow. Rainbow berisi dua puluh flash fiction ( cerita pendek ) dengan ending yang tidak terduga. Antologi karya fiksi yang sangat singkat. Mengajak pembaca menyelesaikan cerita jauh dari perkiraan. Dengan kisaran kata yang terbilang ringkas, antara 450 hingga 750 kata. Kisah-kisah sederhana namun sering menyesatkan. Lantas menawarkan akhir yang tak terduga. Memaksa pembaca tak bisa melepas Rainbow, hingga seluruh cerita habis dilumat. Terpana dan berkomentar, " Gile, gak nyangka ".

Untuk pemesanan Rainbow sebagai berikut :
  1. Transfer ke BCA, no rekening  : 7890796758 a/n  MUH. YUSRAN AL RASYID, SE
  2. SMS konfirmasi transfer ke : 0852 999 33049 dengan menuliskan nama lengkap, alamat pengiriman buku, nomor telepon yang bisa dihubungi, nomor bukti transfer rekening.
  3. Transfer ke BNI, no rekening :  029 - 961 - 8038 a/n MUH. YUSRAN AL RASYID, SE
Dengan harga Rp 48.507 bebas ongkir kecuali Papua dan Sumatera

Ini adalah kalimat penawaran dalam rangka promosi buku antologi pertama saya dari penanggung jawab Umma Azura,  yang ditulisnya pada grup penulisan kami yaitu Write for Healthy. Wow........surprise sekali tidak nyangka secepat itu karya kami sudah bisa dirilis. Hampir tidak percaya nama saya termasuk dalam salah satu kontributor dari ke dua puluh orang yang terlibat dalam proyek buku ini. Ini adalah buku antologi pertama saya.

Teknologi internet jika dimanfaatkan sebaik mungkin akan memberikan manfaat luar biasa, contohnya pembuatan buku ini. Keseluruhan dari para penulis ini, tidak ada yang pernah bertemu satu sama lain sebelumnya. Kami masing-masing hanya bertemu dan berkomunikasi lewat dunia maya. Pertama kali saya ditarik kedalam grup ini setelah terlibat dalam pelatihan kepenulisan secara online dan terlibat dalam pembuatan buku antologi yang  akan diterbitkan oleh salah satu penerbit besar yang cukup ternama, tapi sampai sekarang masih belum tahu  kapan buku tersebut terbit. Hanya menurut informasi terakhir dari penanggung jawab naskah-naskah kami sampai sekarang masih dalam antrian untuk editing. Dan ternyata proyek buku Rainbow yang digagas belakangan malah lebih dulu rilis dan segera terbit.  

Proses pembuatan Rainbow ini cukup unik, masing-masing penulis mengirimkan naskahnya kepada penanggung jawab, dan hanya dua puluh naskah yang akan dijadikan dalam satu buku. Sehingga siapa yang paling cepat mengirim naskah dialah yang kemungkinan besar akan mendapatkan tempat. Namun inipun melalui proses seleksi cukup ketat, tidak ada satu naskah yang langsung jadi dan lolos. Masing-masing penulis bisa mengirimkan naskahnya berulang-ulang untuk refisi sehingga dirasa cukup layak untuk diterbitkan menurut kriteria penanggung jawab. 

Hebatnya penanggung jawab memberikan banyak masukan dan pembelajaran pada penulis yang masih baru dan dia tetap memberikan kesempatan untuk ikut terlibat dalam proyek buku ini. Inilah ke dua puluh orang penulis yang naskahnya dinyatakan lolos untuk diterbitkan dalam sebuah buku dengan nama Rainbow. Umma Azura, Liza P Arjanto, Moocen Susan, Marita Ningtyas, Fitri Kurnia, Zulziah Arth, Okkie Noor, Enni K Hairuddin, Tina Sulyati, Rachmawati, Hendra J. Hamzah, Wulan Habibuw, Wiwi Haryanti, Rif Dj, Tizara, Yoza Yozie, Suci Marga, Khansa Apriya, Tri Nurhidayati, Nita Widodo.


Terima kasih teman untuk semua dukungannya, semoga ini bukan satu-satunya karya kita tapi masih akan banyak karya-karya lainnya yang akan segera menyusul. Semoga............selamat untuk kalian semua.

Untuk kesinambungan antologi ini akan dibuka kembali kesempatan bagi anda yang tertarik menjadi bagian dari buku antologi yang kedua, disini persyaratannya :

Dicari : 20 Naskah Flash Fiction Untuk Dibukukan!

Syarat-syarat pengiriman naskah sebagai berikut :

1. Tema FF (pilih salah satu) : cinta, perjuangan hidup atau misteri/horor;

2. Boleh kisah nyata sendiri, terinspirasi dari kisah nyata teman, atau murni fiktif (rekaan);

3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang benar dan komunikatif;

4. Naskah yang diikutkan karya asli (bukan jiplakan, terjemahan atau saduran), belum pernah dipublikasi dalam bentuk apa pun dan tidak sedang disertakan lomba serupa;

5. Naskah ditulis dalam format word;

6. Panjang FF 450 hingga 750 kata;

7. Twist ending (akhir yang mengejutkan);

8. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 naskah;

9. Cerpen dikirimkan dalam "lampiran" berupa file WORD, jadi bukan di badan email. Biarkan badan email tetap kosong;

10. Email diberi judul Namama spasi judul Flash Fiction misalnya: "Alexandra spasi Dirimu Di mana?".

11. Kirimkan naskah Anda ke email : rinra.publishing@gmail.com

12. Naskah dikirim bersama surat pernyataan keaslian naskah, identitas KTP/Kartu Pelajar/Paspor/SIM/Kartu Keluarga (Pilih salah satu), foto diri pose bebas, profil singkat, beserta no HP dan alamat lengkap.

13. Memiliki buku Rainbow : 20 FF Twist Ending, terbitan Rinra Publishing

Naskah ditunggu sampai akhir September 2013.

6 komentar:

  1. hmmm
    there were times when I was fascinated, amazed when visiting a blog or website
    because that will add insight and knowledge I course. thanks for nice post

    BalasHapus
  2. Ralat mbak^^ cuma sampai akhir JUNI saja POnya

    BalasHapus
  3. Salam kenal dari pemula....:) sukses untuk bukunya mbak..

    BalasHapus
  4. Terima kasih Mas, sudahkah memiliki bukunya ? tidak rugi lho karena isinya semua twist ending

    BalasHapus
  5. Mmm..pengen punya buku karangan sendiri juga..tp entah kapan bisa, dan siapa yg mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm.............tidak usah pesimis gitu juga mba Dewie, Insha Allah suatu saat pasti bisa

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...