Loading

Jumat, 13 Desember 2013

Orang bule juga suka minum jamu

Daniel, 23 tahun seorang insinyur dari Hamburg, Jerman  yang sedang melakukan perjalanan ke sepuluh kota di Asia salah satunya Indonesia. Sempat tinggal selama tiga hari sebagai tamu di rumah kami beberapa waktu yang lalu. Dia datang sebagai teman dari keponakan yang sama-sama mempunyai hobby travelling. Menurut ceritanya dia sengaja mengambil cuti selama satu bulan untuk melakukan perjalanannya tersebut dan sengaja menabung selama satu tahun. 

Dia melakukan perjalanan ke beberapa kota di Asia dengan tujuan mempelajari budaya dari negara-negara yang dikunjunginya. Di Indonesia Jakarta, Bandung dan Jogyakarta menjadi kota tujuannya. Rupanya dia juga mempelajari beberapa kalimat Indonesia sebelum kedatangannya. Saya sempat terkejut ketika dia mengucapkan ucapan " selamat pagi " saat menemui saya yang tengah sibuk di dapur. Dikesempatan lain mengucapkan " terima kasih banyak " untuk hal- hal yang saya lakukan untuknya. Menurutnya  Asia cukup jauh dari negaranya oleh sebab itu dia benar-benar mempersiapkan perjalanannya dengan matang. 

Pada setiap negara yang dikunjunginya shopping bukanlah tujuan utama, dia lebih tertarik mengabadikan setiap moment pentingnya dengan beberapa foto yang ditunjukkan pada kami disetiap negara. Berbeda sekali dengan bangsa kita , kebanyakan dari kita tujuan keluar negeri itu untuk belanja/shopping. Dia lebih banyak membeli buku dari setiap negara sebagai teman selama diperjalanan. Saya sempat melihat beberapa buku yang dibawanya yang kebanyakan novel bergenre horor.

Banyak hal menarik selama Daniel menjadi tamu kami. Misalnya dia terheran-heran ketika melihat ada seekor ikan kecil didalam bak mandi. " Bukankah ikan itu seharusnya berada didalam aquarium ? "katanya. Dia tidak tahu jika di Indonesia banyak sekali nyamuk yang biasa bertelur ditempat penampungan air jernih salah satunya bak tempat menampung air mandi. Dia baru tahu bahwa tujuan ikan disimpan didalam bak mandi untuk memakan jentik-jentik nyamuk, diapun tersenyum. Tuh bule gak tahu di negara tropis seperti Indonesia banyak sekali nyamuk apalagi jika sudah musim kemarau.

Diatas meja makan sudah tersedia roti dan aneka temannya untuk breakfastnya Eh ........ dia malah tertarik untuk mencoba makan sepiring nasi goreng sisa anak-anak sarapan. Keesokan hari dia juga memilih sarapan nasi kuning. Daripada spagheti yang sengaja saya buat untuknya.

Dia juga tertarik untuk mencoba minum jamu dari mbak penjual jamu gendong yang menjadi langganan anak-anak setiap sore. Dan mencoba aneka gorengan seperti cireng, pisang goreng, tahu + tempe goreng juga combro yang habis disantapnya sebagai teman ngobrol dikala senja.  Disaat anak-anak Indonesia tergila-gila dengan aneka makanan Eropa seperti burger atau makanan-makanan junk food, tuh bule lebih tertarik memakan tempe goreng yang bisa 5-6 potong sekali makan.

Keesokan harinya saya tidak pernah menyiapkan masakan khusus yang disesuaikan dengan lidah dia. Biar dia sendiri belajar menyesuaikan makanan Indonesia dengan lidahnya. Kadang lucu ketika dia mencoba makan dengan sambal yang biasanya disajikan bersama pecel lele. Mungkin karena tidak terbiasa air matanya ikut bercucuran saat makan sambal, ha...ha...ha...

Satu hal yang boleh diambil pelajaran dari orang bule itu. Saya katakan pada anak-anak " Daniel belajar dengan sungguh-sungguh kemudian bekerja keras dan dari usahanya itu dia menabung untuk bisa keliling dunia " mungkin sedikit berbeda dengan kebiasaan anak-anak disini yang lebih banyak mengharapkan  dari orang tua untuk bisa berlibur ke luar kota atau luar negeri.

Semoga dengan kunjungannya menjadi motivasi untuk anak-anak lebih berprestasi dan mandiri.

5 komentar:

  1. waah kok bisa dikunjungi bule mba?
    kalo aku sih foto iyaa, belanja iyaa... tapi palingan belanja titipan oleh2 atau hunting kain yang unyu kalo ada. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia teman ponakan yg lagi kuliah di Bandung dan tgl bersama kami dek Syifa. Hu um adalagi cewek klo soal belanja n narsis gak keleeat ya....

      Hapus
    2. Dia teman ponakan yg lagi kuliah di Bandung dan tgl bersama kami dek Syifa. Hu um adalagi cewek klo soal belanja n narsis gak keleeat ya....

      Hapus
  2. Kasep oge makkk!! hhehe maaf baru ngintip!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ......teh Aish kasepan produk lokal

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...